Share

Waspada! Gunung Ile Lewotolok Kembali Erupsi Semburkan Lava Pijar

Joni Nura, iNews · Jum'at 01 Juli 2022 21:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 340 2622130 waspada-gunung-ile-lewotolok-kembali-erupsi-semburkan-lava-pijar-wQujWSOmTF.jpg Gunung Ile Lewotolok erupsi (Foto: PVMBG/Joni Nura)

NTT - Gunung api Ile Lewotolok kembali meletus dan keluarkan lava pijar pada Jumat 1 Juli 2022 pukul 21.38 WITA. Warga diminta waspada.

Tinggi kolom abu teramati ± 1.200 meter di atas puncak (± 2.623 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut.

BACA JUGA:Gunung Ile Lewotolok di Lembata Erupsi, Semburkan Abu Setinggi 1.300 Meter 

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi ± 59 detik. Letusan disertai gemuruh kuat, disertai lontaran ke segala arah.

Ketua Pos Pengamatan Gunung api Ile Lewotolok, Stanislaus Arakian mengatakan, saat erupsi, Gunung Ile Lewotolok disertai gemuruh kuat dan terekam amplitudo 20.8 mm dengan durasi selama 46,6 detik ini dipicu adanya aktivitas gempa hembusan yang mengalami penurunan. Sehingga terjadi akumulasi energi ke erupsi.

BACA JUGA:Gunung Ile Lewotolok Kembali Erupsi, PVMBG: Waspada Longsoran Material Lapuk Disertai Awan Panas 

Arakian menambahkan, secara menyeluruh sesuai evaluasi tanggal 14 Juli 2022 lalu, tingkat aktivitas Gunung Ile Lewotolok masih berada pada level III (Siaga).

Saat ini, Gunung Ile Lewotolok berada pada Status Level III (Siaga), direkomendasikan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak/kawah Gunung Ile Lewotolok, radius 3.5 km untuk sektor tenggara. Radius 4 km untuk sektor timur dan timur laut.

Masyarakat Desa Lamawolo, Desa Lamatokan, dan Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman guguran lava pijar dan awan panas dari bagian timur puncak/kawah Gunung Ile Lewotolok.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini