Share

Puluhan Warga Terdampak Banjir di Kota Ambon

Achmad Al Fiqri, MNC Portal · Kamis 28 Juli 2022 06:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 340 2637556 puluhan-warga-terdampak-banjir-di-kota-ambon-cc4DgDapSo.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut kondisi curah hujan yang tinggi dan jebolnya tanggul bandara memicu banjir hingga masuk ke permukiman warga di Kota Ambon, Provinsi Maluku pada Selasa 26 Juli 2022.

Dengan kondisi itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon mencatat terjadi bencana longsor di sejumlah titik. Dari bencana itu, setidaknya ada enam unit rumah terdampak dan lima unit berpotensi longsor.

"Selain itu, terdapat 6 KK/24 jiwa terdampak di Desa Laha Kecamatan Teluk ambon dan Desa Hattu di Kecamatan Leihitu Barat," ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Rabu 27 Juli 2022. 

BACA JUGA:Banjir Sebabkan Jembatan Putus di Pagai Utara, 300 KK Terisolasi 

BNPB menaksir, tinggi muka air akibat banjir mencapai 1,5 meter. Dengan kondisi itu, bencana banjir sempat menghambat aktivitas para warga. Masyarakat menggunakan tali untuk membantu berjalan kaki.

Kendati demikian, saat ini banjir sudah berangsur surut. Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan, akses jalan sudah bisa dilalui kendaraan sejak Selasa 27 Juli 2022 sore.

"Upaya penanganan darurat juga terus dilakukan BPBD Kota Ambon dengan menjalin koordinasi antar lintas unit terkait pendataan dan distribusi permakanan bagi para warga terdampak," ujar Abdul.

BACA JUGA:BMKG: Waspada Banjir Rob di Pesisir Selatan Jawa Akibat Fenomena Fase Bulan Baru 

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini