Share

Fosil Tiga Dimensi Ikan Purba Ditemukan di Ladang Pertanian

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 01 Agustus 2022 06:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 18 2639674 fosil-tiga-dimensi-ikan-purba-ditemukan-di-ladang-pertanian-Qbg3RFPq7B.jpg Fosil Pachycormus yang ditemukan di Glouchestershire, Igggris. (Foto: Dean Lomax)

LONDON - Fosil seekor ikan yang tampak ganas telah diangkat dari situs penggalian Jurassic di luar Stroud, Gloucestershire, Inggris.

Makhluk tersebut - predator mirip-tuna yang disebut Pachycormus - terawetkan dengan indah dalam wujud tiga dimensi.

Gigi dan matanya yang besar memberi kesan ia hendak menerkam.

Spesimen ini diidentifikasi oleh pasangan suami-istri pemburu fosil, Neville dan Sally Hollingworth.

"Ini sungguh kejutan karena, ketika Anda menemukan fosil, biasanya fosil-fosil itu sudah menjadi datar akibat tekanan dari waktu ke waktu," kata Neville kepada BBC News sebagaimana dilansir dari BBC Indonesia.

"Tapi ketika kami menyiapkan yang satu ini, untuk menyingkap tulangnya sedikit demi sedikit, itu luar biasa karena kami tiba-tiba menyadari tengkoraknya belum hancur.

"Mulutnya menganga - seakan-akan ia hendak menerkam Anda dari dalam batu."

Pasangan Hollingworth menemukan kepala ikan tersebut di tepi lahan berumput tepat di belakang sebuah kandang sapi di Desa Kings Stanley.

Fosilnya terbungkus dalam salah satu dari banyak nodul batu kapur yang jatuh dari lapisan tanah liat yang terbuka.

Sang pemilik tanah, Adam Knight, sama sekali tidak tahu sapi-sapi longhorn Inggrisnya selama ini merumput di atas lapisan fosil yang kaya. Hal ini menandakan bahwa 183 juta tahun yang lalu, lahan peternakannya masih tenggelam di bawah perairan tropis yang hangat.

Knight memberikan kepada Neville dan Sally, dan sebuah tim yang dipimpin University of Manchester, untuk melakukan izin lebih lanjut.

Mereka pun membawa alat penggali untuk mengangkat ratusan nodul lagi, yang kemudian dengan hati hati dibuka untuk melihat apa yang tersimpan di dalamnya.

Temuan fosil hari itu termasuk lebih banyak ikan, cumi-cumi dan bahkan tulang dari dua ichthyosaurus, reptil laut yang mirip seperti lumba-lumba besar.

"Kami mendapat seluruh rantai makanan," kata ahli paleontologi Dean Lomax, dari Manchester.

Jadi Pachycormus ini memakan ikan dan cumi-cumi yang lebih kecil.

"Dan kemudian, para ichthyosaurus akan memakan Pachycormus."

Menariknya meskipun di lokasi yang pernah menjadi laut, ditemukan juga fosil kayu dan serangga di lapisan tanah liat, yang menunjukkan bahwa daratan tidak terlalu jauh.

Temuan ini kemungkinan akan membuat para peneliti sibuk selama beberapa tahun.

Ada ketertarikan khusus karena spesimen-spesimen ini diangkat dari lapisan tanah di era Jurassic awal yang jarang ditemukan di Inggris — Tahap Toarcian.

Tahapan ini terkenal dengan pengawetan yang luar biasa, termasuk jaringan lunak, dan tim menemukan ikan, misalnya, yang masih cukup utuh sehingga masih mungkin untuk melihat isi perutnya.

"Temuan terakhir yang sebanding dengan ini ialah apa yang disebut Strawberry Bank Lagerstätte, di Somerset, pada 1800-an - yang di atasnya telah ada pembangunan," kata Sally.

"Situs Court Farm memungkinkan para ilmuwan untuk melakukan penelitian modern dengan bahan-bahan in-situ yang segar."

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini