Share

Ridwan Kamil Serahkan Kewenangan Operasi Situ Rawa Kalong ke Walkot Depok

Ervand David, iNews · Jum'at 12 Agustus 2022 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 525 2646775 ridwan-kamil-serahkan-kewenangan-operasi-situ-rawa-kalong-ke-walkot-depok-EnfdbENX8L.jpg Ridwan Kamil. (Foto: Ervand David)

BANDUNG - Sudah satu pekan lebih Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong sebagai destinasi wisata untuk umum bagi masyarakat Kota Depok. Tempat tersebut awalnya didesain untuk anak-anak muda sebagai tempat nongkrong.

Namun hingga saat ini, Situ Rawa Kalong masih belum dibuka untuk umum dikarenakan jembatan mengapung di tengah Rawakalong masih minim keselamatan.

Meski demikian, Ridwan Kamil sudah melimpahkan seluruh kewenangan operasi tempat tersebut ke Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Selain itu, Ridwan Kamil juga sudah meminta kepada Wali Kota Depok untuk mengevaluasi tingkat keamanan di Situ Rawa Kalong.

 Baca juga: Ridwan Kamil Targetkan Pembangunan Underpass Dewi Sartika Depok Rampung Akhir 2022

“Koordinasi dengan Wali Kota Depok, mengatur agar flow yang menikmati jalan di tengahnya itu agar bisa diatur lagi. Tinggal diatur yang boleh dan tidak boleh, demi keamanan,” ucap Ridwan Kamil.

Sebagaimana diketahui, Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat (5/8/2022). Peresmian dilakukan setelah Pemprov Jawa Barat mulai merevitalisasi setu atau danau yang awalnya berfungsi sebagai irigasi sawah itu sejak 2019 lalu.

Revitalisasi dilakukan setelah Situ Rawa Kalong kehilangan daya tariknya akibat alih fungsi lahan kawasan sekitarnya. Melalui revitalisasi, Setu Rawa Kalong diharapkan mampu menghadirkan kebahagiaan sekaligus meningkatkan taraf ekonomi warga Depok, khususnya warga sekitar Setu Rawa Kalong.

Setelah direvitalisasi, Situ Rawa Kalong dilengkapi berbagai fasilitas, mulai gedung aula, floating deck, vertical garden, taman lansia, pedestrian path, dan lainnya.

"Ini merupakan upaya yang sederhana, tapi sungguh-sungguh membahagiakan," ujar Ridwan Kamil dalam sambutannya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini