Share

10 Ton Ikan Mati Diangkat dari Sungai, Misteri Kematian Massal Ikan Belum Terungkap

Susi Susanti, Okezone · Senin 15 Agustus 2022 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 18 2648152 10-ton-ikan-mati-diangkat-dari-sungai-misteri-kematian-massal-ikan-belum-terungkap-G3ehZQwLlf.jpg Kematian massal ikan di Sungai Oder Jerman masih misterius (Foto: Reuters)

JERMAN - Menteri Lingkungan Jerman Steffi Lemke mengatakan kematian massal ikan di Sungai Oder adalah bencana ekologis dan belum jelas berapa lama sungai itu akan pulih.

Hal itu diungkapkan Lemke dalam konferensi pers pada Minggu (14/8/2022) bersama Menteri Lingkungan Polandia, Anna Moskwa, setelah melangsungkan pertemuan di Szczecin, sebuah kota di Polandia dekat Sungai Oder.

Sungai Oder mengalir dari Czechia dan sepanjang perbatasan antara Polandia dan Jerman, sebelum mengalir ke Laut Baltik.

Baca juga: Ribuan Ikan Mati Misterius di Sungai Oder, Buat Pejabat Dua Negara Kebingungan

Sepuluh ton ikan yang mati telah diangkat dari sungai itu pekan lalu, tapi Mokswa mengatakan penyebab kematian massal ikan-ikan itu belum dapat dipastikan.

Baca juga: Lebih dari 100.000 Ikan Ditemukan Mati di Lepas Pantai Atlantik, Serukan Penyelidikan

"Sejauh ini, sedikitnya 150 sampel air dari Sungai Oder telah dites. Tidak ada satupun dari studi-studi itu yang mengonfirmasi adanya kandungan beracun. Pada waktu bersamaan, kami juga mengetes ikan-ikan itu. Tidak ada merkuri ataupun logam berat lain yang ditemukan," katanya, dikutip VOA.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Ia mengatakan sebagian sampel air Oder dikirim ke beberapa laboratorium asing untuk dites terhadap 300 kandungan.

Kedua menteri itu mengatakan mereka kini fokus untuk melakukan apa yang bisa dilakukan untuk membatasi kehancuran ekosistem sungai itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini