Share

Penyelundupan 255 Kg Emas Senilai Rp188,5 Miliar di Bandara Moskow Berhasil Digagalkan

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 19 Agustus 2022 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 18 2650712 penyelundupan-255-kg-emas-senilai-rp188-5-miliar-di-bandara-moskow-berhasil-digagalkan-6U9hjqbbcY.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

MOSKOW – Upaya penyelundupan 225 kilogram emas senilai USD12,7 juta (sekira Rp188,5 miliar) oleh sindikat internasional berhasil digagalkan agen bea cukai di Moskow, demikian diumumkan Bea Cukai Federal (FTS) Rusia mengumumkan pada Kamis (18/8/2022).

Percobaan penyelundupan ini melibatkan dua kelompok yang terdiri dari tiga pelancong yang bertukar koper di dalam Bandara Vnukovo, Moskow. Rombongan yang menuju Uni Emirat Arab (UEA) itu ditangkap dengan sejumlah emas batangan di tas mereka.

BACA JUGA: Heboh, Emas 30 Kg Diselundupkan ke India dalam Bagasi

Dalam sebuah pernyataan, FTS mengatakan bahwa upaya itu terjadi pada 11 Agustus, saat tiga warga negara Armenia menyelundupkan emas di dalam bandara dalam tas roll-aboard mereka.

Karena Armenia adalah anggota Uni Ekonomi Eurasia, mereka tidak tunduk pada kontrol bea cukai. Namun, begitu masuk, mereka bertukar koper dengan tiga warga Rusia, yang datang dengan bagasi kosong. Ketiga warga Rusia itu sedang dalam perjalanan ke Dubai, UEA.

Petugas bea cukai yang memantau kamera keamanan bandara melihat keanehan saat tiga penumpang menyeret koper beroda mereka dengan susah payah. Petugas kemudian mulai mengikuti ketiga penumpang itu dan melihat mereka bertukar tas dengan pria lain, melanjutkan ke gerbang untuk penerbangan Yerevan dengan langkah yang lebih ringan.

BACA JUGA: Warga China Ditangkap Saat Coba Selundupkan Emas di Lubang Duburnya

Inspektur bea cukai memutuskan untuk melakukan pemeriksaan mendadak pada penumpang yang menuju ke UEA, yang sudah naik ke penerbangan mereka.

"Para penyelundup dengan kargo berharga ditahan oleh petugas bea cukai Vnukovo setelah menaiki pesawat mereka," kata FTS sebagaimana dilansir RT.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Setelah naik ke kapal dan memeriksa tas tersangka, petugas bea cukai menemukan 45 emas batangan, kata FTS dalam laporan awal. Tak satu pun dari mereka telah dinyatakan pada pemeriksaan pabean yang jelas. Semua memiliki nomor seri yang diamanatkan secara hukum dan tanda pengenal lainnya. Surat kabar Kommersant kemudian melaporkan bahwa jumlah total 71 batangan emas – 14 batangan masing-masing 12kg dan 57 batangan satu kilo lebih kecil.

Jaksa mengatakan mereka bermaksud untuk mendakwa kelompok itu dengan tiga tindak pidana berat, termasuk konspirasi kriminal dan penyelundupan barang-barang yang dianggap penting secara strategis.

Pengadilan Moskow memerintahkan tiga warga negara Armenia dipenjara hingga 11 September. Mereka diidentifikasi sebagai Artak Ayvazyan, Karen Darbinyan dan Arman Harutyunyan, yang secara resmi menganggur. Pengacara mereka mengajukan mosi untuk menahan mereka sebagai tahanan rumah, tetapi pengadilan menolaknya. Sementara tiga warga Rusia itu dibebaskan sambil menunggu persidangan setelah menandatangani pernyataan bahwa mereka tidak akan meninggalkan Moskow.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini