Share

Setidaknya Delapan Orang Tewas Akibat Banjir Bandang di Italia Tengah

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 16 September 2022 20:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 18 2669244 setidaknya-delapan-orang-tewas-akibat-banjir-bandang-di-italia-tengah-v9TR7oJ0kz.jpg Foto: AP.

ROMA - Setidaknya delapan orang tewas akibat hujan lebat semalam dan banjir di kawasan Marche, Italia Tengah, kata pihak berwenang, Jumat, (16/9/2022). Sementara itu petugas penyelamat masih mencari empat orang yang hilang.

Hujan dengan curah sekira 400 milimeter turun dalam dua hingga tiga jam, merendam jalan-jalan di beberapa kota di sekitar ibu kota Marche, Ancona, di pesisir Adriatik. “Ini seperti gempa,” kata Ludovico Caverni, wali kota Serra Sant'Abbondio, kepada radio pemerintah RAI.

Rekaman yang dirilis pasukan pemadam kebakaran menunjukkan para petugas di rakit berupaya mengevakuasi warga di kota tepi laut, Senigallia, sementara yang lainnya berupaya membersihkan puing-puing di jalan terowongan bawah tanah.

Stefano Aguzzi, kepala badan perlindungan sipil pemerintah daerah Marche, mengatakan, hujan turun lebih deras daripada yang diperkirakan.

“Kami diberi peringatan normal untuk hujan, tetapi tidak seorang pun yang mengira hal seperti ini,” katanya kepada wartawan, sebagaimana dilansir VOA Indonesia.

Kepala badan perlindungan sipil nasional Fabrizio Curcio bertolak menuju Ancona untuk menilai kerusakan, sedangkan para ketua partai yang sedang berkampanye untuk pemilu 25 September di Italia menyatakan solidaritas mereka.

BACA JUGA: Kota Italia Sewa Ahli Mistis untuk Lawan Kekeringan

Enrico Letta, Ketua Partai Demokrat yang berhaluan kiri-tengah menyatakan akan menangguhkan kampanyenya di Marche “sebagai tanda berkabung” dan untuk memungkinkan para aktivis lokalnya berpartisipasi penuh dalam upaya-upaya membantu masyarakat yang dilanda banjir.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini