Share

Buronan Ditangkap Setelah Datang ke Kantor Polisi untuk Melamar Pekerjaan, Netizen: Penjahat Paling Bodoh

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 20 September 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 18 2671471 buronan-ditangkap-setelah-datang-ke-kantor-polisi-untuk-melamar-pekerjaan-netizen-penjahat-paling-bodoh-kIpBchOl0S.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

MPUMALANGA - Seorang pria berusia 40 tahun dijuluki 'penjahat paling bodoh di Afrika Selatan' setelah berjalan ke kantor polisi untuk mendapatkan pekerjaan di sana meskipun berada dalam daftar buronan.

BACA JUGA: Aksi 9 Pencuri di Indonesia Ini Berujung Sial, Nomor 5 Konyol Banget

Thomas Ngcobo telah buron selama tujuh tahun terakhir, setelah mencuri produk perangkat keras senilai lebih dari USD1.200 saat bekerja sebagai petugas pengiriman pada 2015. Dia dilaporkan mengalihkan pengiriman ke alamat lain tanpa persetujuan atau sepengetahuan pemiliknya, dan melarikan diri segera setelah manajernya menyadari bahwa beberapa faktur hilang dan beberapa produk telah dikirim ke alamat yang salah.

Nama Ngcobo ditambahkan ke daftar buronan polisi segera setelah majikannya mengajukan pengaduan terhadapnya, tetapi dia berhasil menghindari penangkapan selama tujuh tahun. Tetapi dia kemudian berjalan ke kantor polisi seolah dia bahkan tidak memiliki catatan kriminal.

Juru Bicara Kepolisian Mpumalanga, Brigadir Selvy Mohlala, mengatakan kepada wartawan bahwa rekan-rekannya di kantor polisi setempat bingung dengan kedatangan Thomas Ngcobo.

BACA JUGA: Digonggongi Polisi, Kawanan Perampok Menyerahkan Diri

Pada 15 Agustus, pria berusia 40 tahun itu dilaporkan masuk ke kantor polisi untuk mengeluh bahwa dia belum menerima balasan lamarannya untuk pekerjaan di kantor itu dan menanyakan apa penangguhannya.

"Tersangka tiba-tiba ditangkap pada Senin, 15 Agustus 2022, setelah dia mengunjungi Bethal SAPS untuk menanyakan tentang aplikasinya untuk perekrutan polisi," kata Mohlala sebagaimana dilansir Oddity Central.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Menurut sumber berita Afrika Selatan, penegak hukum provinsi telah mempromosikan penangkapan Ngcobo sebagai contoh pengejaran keadilan yang tak kenal lelah, tetapi tidak menyebutkan bahwa tersangka berjalan sendiri masuk ke kantor polisi.

“Kami bekerja tanpa lelah siang dan malam, berpegang teguh pada mandat kami untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi semua warga negara,” kata Letnan Jenderal Semakaleng Daphney Manamela.

“Kami tidak bisa mencapai tahap itu sementara tersangka lain masih berkeliaran di jalan-jalan dan meneror masyarakat. Hanya masalah waktu sebelum kita membawa mereka ke pengadilan.”

Sejak berita penangkapannya menjadi viral, Thomas Ngcobo telah dijuluki 'penjahat paling bodoh di Afrika Selatan'.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini