Share

Serang Masjid, KKB Tewaskan Setidaknya 15 Orang

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 25 September 2022 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 18 2674550 serang-masjid-kkb-tewaskan-setidaknya-15-orang-fBzCShs8sA.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

MAIDUGURI - Sekelompok pria bersenjata menewaskan setidaknya 15 orang di sebuah masjid di Negara Bagian Zamfara, Nigeria barat laut, kata penduduk pada Sabtu, (24/9/2022).

Serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah pemerintah Daerah Bukkuyum itu terjadi saat sholat Jumat di masjid pusat Jumu'at di kota Ruwan Jema, kata tiga warga kepada Reuters.

BACA JUGA: Dibombardir dan Banjir, Jihadis Boko Haram Keluar dari Hutan Nigeria

"Para bandit bersenjata datang dengan sepeda motor sambil memegang senjata mereka dan langsung bergerak ke masjid dan mulai menembak kami secara sporadis," kata warga Amimu Mustapha, sebagaimana dilansir Reuters.

Seorang warga lain yang meminta untuk tidak disebutkan namanya mengatakan serangan itu terjadi sekitar pukul 2 siang. waktu setempat, menambahkan ada banyak orang lain yang terluka.

BACA JUGA: KKB Culik 136 Siswa Sekolah Islam di Nigeria

Seorang juru bicara polisi Negara Bagian Zamfara tidak segera menanggapi panggilan atau pesan teks yang berusaha mengkonfirmasi laporan warga.

Pada Agustus, warga Ruwan Jema mengatakan mereka memberi bandit 9 juta naira (sekira Rp315 juta), bensin dan rokok dengan janji bahwa KKB akan meninggalkan mereka.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Geng pria bersenjata lengkap, yang dikenal secara lokal sebagai bandit, telah mendatangkan malapetaka di barat laut Nigeria dalam dua tahun terakhir, menculik ribuan, membunuh ratusan dan membuatnya tidak aman untuk bepergian melalui jalan darat atau pertanian di beberapa daerah.

Serangan-serangan itu telah membingungkan pasukan keamanan yang kewalahan. Militer pekan lalu memperingatkan penduduk di Zamfara dan dua negara bagian lainnya untuk meninggalkan kawasan hutan menjelang kampanye pengeboman yang menargetkan bandit dan teroris.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini