Share

Kapolda Sumut Tinjau Lokasi Terdampak Gempa di Tapanuli Utara

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Sabtu 01 Oktober 2022 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 608 2678713 kapolda-sumut-tinjau-lokasi-terdampak-gempa-di-tapanuli-utara-6VcdievMBQ.jpg Sejumlah lokasi terdampak gempa di Tapanuli Utara dipasang garis polisi (Foto : Istimewa)

MEDAN - Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak meninjau langsung lokasi terdampak gempa di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Jumat (1/10/2022) pagi.

Kapolda terbang menggunakan helikopter sesaat setelah gempa bermagnitudo 6 itu mengguncang pada dini hari tadi, untuk memastikan upaya evakuasi dan rehabilitasi pasca gempa berjalan baik. Termasuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) berjalan kondusif.

"Pak Kapolda Sumut naik heli terbang ke Taput," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Selain untuk memastikan kondisi warga Tapanuli Utara dalam kondisi baik, Kapolda juga memberikan bantuan kesehatan bagi masyarakat yang terluka akibat guncangan gempa.

"Untuk data warga yang terluka maupun rumah rusak akibat gempa masih dalam pendataan,' ungkap Hadi.

Diketahui, gempa magnitudo 6,0 mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) pada pukul 02:28 dini hari tadi. Gempa susulan juga sudah terjadi sebanyak 68 kali hingga pukul 10 pagi tadi.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Berdasarkan laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Taput, gempa tersebut mengakibatkan kerusakan sejumlah bangunan rumah, perkantoran, rumah sakit dan fasilitas umum lainnya.

Dilaporkan juga jalan rusak dan ambles, pohon tumbang dan longsor. Pasar Sarulla, Pahae Jae, Taput juga dilaporkan terbakar usai terjadi gempa tersebut.

Satu orang warga juga dilaporkan meninggal dunia akibat gempa yang berpusat di darat 15 km barat laut Taput dengan kedalaman 10 km. Puluhan lainnya mengalami luka-luka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini