Share

Banjir Bandang Terjang Belasan Rumah di Bandung Barat

Adi Haryanto, Koran Sindo · Kamis 06 Oktober 2022 02:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 525 2681510 banjir-bandang-terjang-belasan-rumah-di-bandung-barat-F4fpH5Qn1P.jpg Banjir bandang di KBB (Foto: Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT - Banjir bandang menerjang Kampung Lapang RT 03/03, Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Sejumlah infrastruktur rusak dan rumah terendam.

Meski tak ada korban jiwa, akibat banjir bandang yang dipicu hujan deras menyebabkan kerugian materi hingga puluhan juta rupiah akibat banyak peralatan rumah yang rusak.

"Banjir bandang terjadi setelah hujan deras turun, akibat debit air yang meningkat dan tidak tertampung di saluran air. Selain itu, banyaknya sampah juga membuat aliran air jadi terhambat," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Duddy Prabowo, Rabu (5/10/2022).

BACA JUGA:820 Pompa Dikerahkan Sedot Banjir di Jakarta 

Duddy mengatakan, banjir bandang terjadi sekitar pukul 17.30 WIB pada Selasa 4 Oktober 2022 kemarin. Tanda-tanda akan terjadi banjir sudah terlihat dari naiknya debit air di saluran pembuangan di kawasan tersebut. Apalagi, hujan turun dengan intensitas yang cukup lama sejak siang hari.

Berdasarkan assesment anggotanya di lapangan, banjir bandang menyebabkan kerusakan. Di antaranya, terputusnya saluran air bersih warga, dapur di dua rumah ambruk karena tidak kuat menahan derasnya banjir. Kemudian, 17 rumah warga terendam air setinggi 1,5 meter.

"Selain itu, banyak barang-barang dan perabotan rumah yang terendam. Seperti peralatan dapur, pakaian, makanan, karena tidak sempat diselamatkan," ucapnya.

BACA JUGA:Musin Penghujan, BPBD Imbau Warga Waspadai Banjir Bandang di Lereng Gunung Arjuno 

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Pihaknya telah melakukan proses evakuasi dan berkoordinasi dengan aparat kewilayahan untuk melakukan pembersihan rumah rumah warga dan jalan. Selain itu, menyalurkan bantuan yang mendesak dibutuhkan warga, seperti logistik makanan, air bersih, pakaian, alat kebersihan, kasur, obat-obatan, dan karung untuk penahan tanggul.

"Warga bersama petugas sudah bergotong royong membersihkan material sisa-sisa banjir dan kembali ke rumahnya masing-masing. Mereka tetap diingatkan agar tetap waspada ketika hujan deras turun," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini