Share

Tiba di Pakistan, Tim Medis Indonesia 2 Bulan Bantu Korban Banjir

Binti Mufarida, Sindonews · Minggu 09 Oktober 2022 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 09 18 2683495 tiba-di-pakistan-tim-medis-indonesia-2-bulan-bantu-korban-banjir-Te2iQd0rdu.jpg Tim medis dari Indonesia bantu korban banjir Pakistan selama dua bulan (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Tim medis Indonesia telah sampai di Pakistan, mereka akan membantu para korban banjir selama dua bulan.

Konjen RI Karachi, June Kuncoro Hadiningrat di kediaman Chief Minister Sind Murad Ali Shah di Karachi, Sindh, kemarin, mengatakan tim medis dari Indonesia terdiri dari dokter umum, perawat, ahli gizi, dokter spesialis anak, dokter spesialis kulit, dan apoteker.

Para tenaga medis ini berasal dari berbagai elemen seperti Kemenkes, TNI, Polri, Universitas Andalas, dan Muhammadiyah Disaster Management Centre.

June mengatakan dari koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (NDMA) Pakistan, Kementerian Kesehatan Sindh tim medis Indonesia akan berada di Distrik Mirpur-Khas dan Malir, Provinsi Sindh.

“Mereka akan bertugas di dua wilayah selama total kurang lebih satu bulan di Distrik Mirpur-Khas dan tent city di Bin Qasim, Distrik Malir, Karachi dan akan mulai berangkat ke Mirpur-Khas esok hari,” ungkap June dikutip dari keterangan resmi yang diterima, Minggu (9/10/2022).

June pun menyampaikan komitmen Pemerintah Indonesia dalam membantu penanggulangan kondisi darurat akibat banjir bandang Pakistan. “Indonesia telah menyampaikan bantuan in-kinds berupa tenda, obat-obatan, dan sebagainya, senilai USD1,2 juta serta bantuan hibah tunai senilai USD1 juta,” ujarnya.

Sementara itu, Chief Minister Sind Murad Ali Shah menyampaikan apresiasi yang tinggi atas bantuan nyata Indonesia berupa pelayanan kesehatan kepada warga Pakistan yang terdampak bencana banjir dan siap berkoordinasi dan memfasilitasi dukungan kepada tim medis Indonesia dalam melaksanakan tugas.

“Kami menyambut baik dan terima kasih atas kedatangan bantuan tim medis dari Indonesia,” ujar Murad Ali.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Murad Ali Shah mengatakan, secara umum kondisi banjir mulai surut, namun di beberapa wilayah masih tetap menggenang. Banjir di Pakistan dalam beberapa tahun terakhir ini umumnya hanya berimbas pada beberapa distrik saja di Sindh. Fenomena pada tahun ini lebih dari 20 distrik di Sindh terkena imbasnya.

Sementara itu, Direktur Fasilitasi Penanganan Korban dan Pengungsi BNPB yang juga sekaligus Ketua Tim Bantuan Kemanusiaan RI Yus Rizal menyampaikan komitmenya untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada para korban banjir di Provinsi Sindh.

Hari ini Minggu (9/10), Tim Medis Indonesia akan diterima oleh Dinas Kesehatan Mirpur-Khas dan dilanjutkan dengan pertemuan koordinasi untuk membahas teknis pelayanan kesehatan di lapangan bersama dengan tenaga medis setempat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini