Share

Kecelakaan Kapal di Nigeria Tewaskan 76 Orang, Sebagian Besar Perempuan dan Anak-Anak

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 10 Oktober 2022 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 10 18 2683922 kecelakaan-kapal-di-nigeria-tewaskan-76-orang-sebagian-besar-perempuan-dan-anak-anak-eXHbllA4wb.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

ABUJA - Setidaknya 76 orang dilaporkan tewas setelah kecelakaan kapal di Negara Nagian Anambra, Nigeria tenggara.

Kapal yang membawa setidaknya 80 orang itu terbalik pada Jumat, (8/10/2022) di daerah Ogbaru di Negara Bagian Anambra. Sebagian besar korban adalah perempuan dan anak-anak, yang berusaha menyelamatkan diri setelah komunitas mereka terendam banjir.

BACA JUGA: Dihantam Cuaca Ekstrem, Kapal Berisi 66 Penumpang Tenggelam di Perairan Halmahera Selatan

Presiden Muhammadu Buhari menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban dalam kecelakaan "tragis" itu, demikian diwartakan BBC

Dia juga memerintahkan peninjauan langkah-langkah keamanan di seluruh sistem transportasi air negara itu, dan mengatakan layanan darurat harus melakukan segalanya untuk mempertanggungjawabkan mereka yang hilang.

BACA JUGA: 20 WNI Awak KM Bandar Nelayan 188 Berhasil Diselamatkan

Buhari meminta lembaga pemerintah "untuk memeriksa protokol keselamatan di feri transportasi ini untuk memastikan insiden seperti itu dihindari di masa depan".

Laporan media lokal mengatakan mereka yang berada di atas kapal itu menuju ke Pasar Nkwo di Ogbakuba sebelum terbalik. Beberapa pejabat mengatakan kapal itu mengalami kerusakan mesin dan menabrak jembatan sebelum terbalik.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Thickman Tanimu, koordinator tenggara Badan Manajemen Darurat Nasional, mengatakan kepada kantor berita AFP: "Ketinggian air sangat tinggi dan terlalu berisiko untuk operasi pencarian dan penyelamatan yang lancar".

Gubernur Anambra Charles Soludo menambahkan bahwa kecelakaan itu mengejutkan warga dan pemerintah negara bagian, menyampaikan simpatinya kepada keluarga korban.

Kecelakaan kapal relatif sering terjadi di Nigeria, meskipun sebagian besar disebabkan kelebihan muatan atau tindakan keselamatan yang buruk.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini