Share

10 Daftar Negara yang Miliki Perbatasan Perairan dengan RI, dari Malaysia hingga Australia

Risa Maharani Putri, MNC Portal · Jum'at 04 November 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 03 18 2700093 10-daftar-negara-yang-miliki-perbatasan-perairan-dengan-ri-dari-malaysia-hingga-australia-CZpebSmsUT.jpg Ilustrasi negara yang memiliki perbatasan perairan dengan RI (Foto: Reuters)

JAKARTA - Indonesia merupakan negara kepulauan dan juga maritim di Asia Tenggara. Kawasan kepulauan Indonesia dikelilingi oleh perairan. Oleh karena itu, Indonesia memiliki batas negara berupa daratan dan perairan dengan negaralain.

Ada 10 negara yang berbatasan dengan perairan Indonesia. Negara yang berbatasan perairan dengan Indonesia adalah India, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste, Palau, dan Australia. Perjanjian perbatasan perairan ditandatangani oleh kedua pihak negara. Kawasan perbatasan Indonesia negara-negara tetangga diresmikan dengan waktu yang berbeda,

Baca juga: Melihat Rumah yang Terletak di Dua Negara daerah Pulau Sebatik, Ada Dua Ruangan Berbeda

Berikut daftarnya dari berbagai sumber.

1. Indonesia – Malaysia

Indonesia dengan Malaysia menyepakati batas landas kontinen pada tahun 1969 dan batas laut teritorial pada tahun 1970.

 Baca juga: 5 Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia, Indonesia Termasuk?

2. Indonesia – India

India menyepakati batas landas kontinen dengan Indonesia pada 8 Agustus 1974 dan perpanjang perbatasan pada 14 Januari 1977.

3. Indonesia – Singapura

Indonesia dan Singapura menetapkan Garis Batas Laut Teritorial yang resmi ditandatangani pada 25 Mei 1973. Perbatasan ini merupakan rangkaian garis lurus yang menghubungkan enam titik koordinat yang terletak di Selat Singapura.

4. Indonesia – Thailand

Indonesia dan Thailand berbagai perbatasan laut yang sama di bagian utara Selat Malaka dan Laut Andaman di timur laut Pulau Sumatera, Indonesia dan bagian barat garis pantai Thailand selatan. Perbatasan ini resmi ditandatangani pada 17 Desember 1971.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

5. Indonesia – Vietnam

Indonesia dan Vietnam menandatangani kesepakatan untuk menentukan batas landas kontinen pada 26 Juni 2003. Perbatasan laut kedua negara ini terletak di Laut Cina Selatan, di sebelah utara Kepulauan Natuna Indonesia.

6. Indonesia – Papua Nugini

Batas perairan Indonesia dan Papua Nugini ditetapkan saat negara Oseania itu masih menjadi wilayah Australia. Batas negara antara Indonesia dan Australia saat itu diresmikan pada 18 Mei 1971. Peresmian tersebut menciptakan batas dasar laut di lepas pantai utara dan selatan papua.

7. Indonesia – Filipina

Perbatasan perairan Indonesia dan Filipina ditandatangani oleh kedua pihak pada tahun 2014. Batasan laut dengan Filipina memiliki panjang 1.162,2 kilometer.

8. Indonesia – Timor Leste

Perbatasan perairan antara Indonesia dan Timor Leste berada di Laut Timor.

9. Indonesia – Palau

Indonesia memiliki sengketa perbatasan laut dengan Palau yang terjadi pada tahun 2003. Keputusan yang dihasilkan yaitu Indonesia mendapat tambahan wilayah di Samudera Hindia, Provinsi Aceh bagian Barat. Kemudian di wilayah tersebut muncul pulau baru akibat gempa, sehingga Indonesia mendapat tambahan 200 mil laut.

10. Indonesia – Australia

Perbatasan Dasar Laut Tertentu antara Indonesia dan Australia pada 18 Mei 1971. Kemudian ada tambahan persetujuan Dasar Laut Tertentu di Wilayah Laut Timor dan Arafuru 18 Mei 1971.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini