Share

Banjir Rendam 6 Desa di Kabupaten Langkat

Martin Ronaldo, MNC Portal · Jum'at 04 November 2022 02:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 04 340 2700533 banjir-rendam-6-desa-di-kabupaten-langkat-HDvUeGKG8P.jpg Ilustrasi (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Banjir merendam sejumlah kawasan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Rabu 2 Novemver 2022. Sedikitnya sebanyak enam desa di Kabupaten Langkat terendam banjir yang terdiri dari, Desa Pantai Pantai Cermin, Desa Paya Perupuk, Desa Suka Maju, Desa Pekubuan, Desa Pekan Tanjung Pura di Kecamatan Tanjung Pura dan Desa Sekoci di Kecamatan Besitang.

Ketinggian banjir sendiri mencapai ketinggian 150 sentimeter dan membuat sebanyak 1.319 KK terdampak dan membuat 136 KK mengungsi dari rumahnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat segera mengambil langkah cepat dengan mendirikan Posko Siaga Bencana. Posko ini berlokasi di kantor BPBD Kabupaten Langkat.

Wilayah Kabupaten Langkat sendiri diprediksi akan berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan hingga lebat hingga dua hari kedepan Sabtu 5 November 2022. Hal ini sebagaimana informasi prakiraan cuaca yang telah dirilis oleh BMKG.

Menanggapi hal tersebut, BNPB menghimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam rangka antisipasi terjadinya bencana alam.

"Upaya jangka pendek, pastikan kesiapan alat, perangkat dan personel untuk menghadapi potensi dampak cuaca ekstrem," ujar Kepala BNPB, Suharyanto kepada wartawan, Kamis 3 Nobember 2022.

"Upaya jangka panjang lakukan perbaikan lingkungan jangan sampai banjir selalu berulang di tempat yang sama," sambungnya.

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah daerah dan masyarakat agar dapat menyiapkan rencana jangka panjang, salah satunya mengevaluasi kondisi lingkungam dikawasan hulu dan sepanjang daerah aliran sungai.

Follow Berita Okezone di Google News

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini