Share

4 Negara yang Tidak Mengakui Palestina, Termasuk Amerika Serikat

Tika Vidya Utami, Litbang Okezone · Selasa 08 November 2022 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 07 18 2702420 4-negara-yang-tidak-mengakui-palestina-termasuk-amerika-serikat-GXPXmduLQf.jpg Ilustrasi (Foto : Reuters)

PALESTINA masih menjadi perhatian dunia. Pasalnya hingga saat ini, Palestina dan Israel masih berkonflik. Palestina juga masih berupaya mendapat pengakuan dari negara lain.

Diketahui, beberapa negara telah mengakui Palestina, namun ada juga yang tidak mengakuinya. Berikut negara yang tidak mengakui Palestina:

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah salah satu negara yang tidak mengakui Palestina. Bila Amerika Serikat mengakui kedaulatan Palestina, maka hal ini karena akan menuai kontroversi serta mengancam banyak kepentingan Amerika Serikat di Timur Tengah.

Diketahui, Israel merupakan salah satu mitra strategi Amerika Serikat untuk menjaga kondusifitas kepentingan Amerika Serikat di Timur Tengah.

2. Israel

Israel juga tidak mengakui Palestina. Pergolakan antara Palestina dan Israel yang masih terjadi hingga saat ini berawal dari dokumen yang dikeluarkan oleh Menteri Luar Negeri Inggris, Arthur Balfour.

Dokumen terkait pengklaiman tanah Palestina oleh Yahudi Israel adalah Deklarasi Balfour. Deklarasi Balfour dikeluarkan pada November 1917. Deklarasi tersebut mengumumkan dukungan untuk pembentukan rumah nasional bagi bangsa Yahudi di Palestina.

3. Prancis

Pada 2018, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan bahwa ia tidak akan mengakui Palestina sebagai negara merdeka. Komentar tersebut muncul ketika sesi foto dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, menjelang pertemuan di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss pada Januari 2018.

Selain itu, Prancis menginginkan pengakuan dua negara, yaitu Israel dan Palestina. Macron juga menyatakan bersedia memfasilitasi kedua belah pihak dalam proses perdamaian.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

4. Jerman

Jerman menentang pengakuan sepihak dengan Palestina. Pihaknya pun bahkan mendesak pembaruan pembicaraan damai antara Israel dan Palestina. Jerman lebih menyukai ide dua negara, yaitu Palestina sebagai negara yang independen dan demokratis yang berdampingan dalam keamanan serta perdamaian dengan Israel.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini