Share

Kapal Selam Nuklir Inggris Terbakar Saat Jalankan Misi Rahasia di Atlantik

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 08 November 2022 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 18 2703083 kapal-selam-nuklir-inggris-terbakar-saat-jalankan-misi-rahasia-di-atlantik-iVJsFC1Cvn.jpg Kapal selam nuklir kelas Vanguard Inggris, HMS Victorious. (Foto: Reuters)

LONDON - Salah satu kapal selam nuklir kelas Vanguard Angkatan Laut Inggris terpaksa membatalkan “misi rahasia” setelah mengalami kebakaran yang menyebabkan kerusakan, demikian dilaporkan The Sun dalams sebuah artikel pada Minggu, (6/11/2022).

BACA JUGA: NATO Cemas, Kapal Selam Pembawa Nuklir Rusia Menghilang Bak Siluman

Menurut sumber outlet, butuh upaya dari seluruh 130-plus kru, termasuk banyak yang tidak bertugas, untuk memadamkan api di atas kapal HMS Victorious, yang membawa rudal balistik antarbenua (ICBM) nuklir Trident 2 pada saat kejadian. 

Sementara api dilaporkan dapat dipadamkan dengan relatif cepat, situasi darurat yang diumumkan oleh kapten kapal memaksa kapal untuk muncul ke permukaan di lokasi yang dirahasiakan di Atlantik Utara untuk mengeluarkan asap beracun, demikian dilansir dari RT.

BACA JUGA: Putin Kirim Kapal Selam Nuklir ke Atlantik Utara Usai Ancaman Mengerikan ke Barat

Sebuah sumber Angkatan Laut dilaporkan menjelaskan kepada The Sun bahwa “setiap anggota Angkatan Laut Kerajaan yang berlayar di laut adalah petugas pemadam kebakaran yang memenuhi syarat,” dan ini memastikan bahwa kapal dan kapal selam Inggris dapat dengan cepat menanggapi insiden tersebut tanpa mempengaruhi hasil operasional.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Namun demikian, kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran mendorong kapten kapal selam untuk meninggalkan “misi rahasia” yang tidak ditentukan dan memerintahkan kapal untuk kembali ke pangkalan di HMNB Clyde di Faslane, Skotlandia.

The Sun mencatat bahwa kapal berusia 30 tahun, yang menelan biaya lebih dari USD3 miliar, adalah salah satu dari empat patroli pencegah nuklir non-stop Angkatan Laut Kerajaan. Seorang juru bicara Angkatan Laut Kerajaan mengatakan kepada surat kabar itu bahwa insiden itu tidak mempengaruhi pencegah di laut yang terus menerus, tetapi menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang operasi kapal selam.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini