Share

8 Badan Intelijen yang Paling Ditakuti di Dunia

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 18 2713021 8-badan-intelijen-yang-paling-ditakuti-di-dunia-iwaAAiK7oa.jpg Ilustrasi (Foto: Imeimege)

JAKARTA- 8 badan intelijen yang paling ditakuti di dunia menarik untuk dibahas. Setiap negara memiliki badan intelijen sesuai tujuan dan fungsi.

Umumnya badan inteligen bertugas untuk mendeteksi adanya ancaman, menjadi agen rahasia, mencuri data, sampai mengumpulkan data.

Tugas ini memiliki tujuan-tujuan khusus, seperti melindungi negara dari operasi-operasi negara oposisi.

Berikut 8 badan intelijen yang paling ditakuti di dunia:

1. GRU - Rusia

GRU merupakan akronim dari Glavnoye Razvedyvatel’noye Upravleniye merupakan sebuah organisasi inteligen terbesar yang berada di bawah kendali militer Rusia.

Vladimir Lenin merupakan pendiri dari GRU. Lenin mendirikan organisasi ini pada 1918 dan sejak saat itu organisasi ini turut berkontribusi pada beberapa kegiatan anti-nasionalis di Eropa Timur.

Meski demikian, GRU dikabarkan tidak memiliki hubungan dengan KGB, polisi politik, dan badan keamanan Rusia. Pada 2010, GRU berganti nama menjadi GU.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

2. ISI - Pakistan

ISI atau Inter-Services Intelligene didirikan pada 1948 saat terjadi perang antara India dan Pakistan. Organisasi ini bekerja sama dengan CIA dan kontra terhadap aksi terorisme yang dilakukan oleh Al-Qaeda, militan Taliban, atau teroris-teroris lain.

Kabarnya, anggota ISI diperkirakan mencapai 10.000 orang yang menyebar di berbagai negara.

3. Mossad - Israel

Israel memiliki badan inteligen bernama Mossad. Organisasi ini merupakan layanan sipil yang anggotanya tidak mengenakan perangkat militer. Namun, para anggotanya bertugas di pasukan pertahanan Israel.

Salah satu yang terkenal dari Mossad adlaah Divisi Operasi Khusus atau Metsada yang kabarnya terlibat dalam beberapa aksi pembunuhan, sabotase, dan operasi militer.

4. R & AW - India

India pernah mengalami masa perang melawan Pakistan dan China. Pada 1968 negara ini membentuk R & AW atau Research and Analysis Wing, yakni sebuah badan inteligen yang berdiri untuk kabinet federal dan tidak bertanggung jawab pada parlemen pemerintah.

R & AW kabarnya memiliki kontribusi yang cukup besar dalam pembentukan Bangladesh pada 1971.

5. CSIS - Kanada

CSIS atau The Canadian Security Intelligent Service didirikan pada 1984. CSIS dibentuk tanpa adanya keterikatan kepada militer atau polisi Kanada. Ruang kerja CSIS pun cukup luas, yakni di wilayah domestik hingga internasional.

6. MSS - China

The Ministry of State Security atau MSS adalah badan inteligen yang berasal dari China dan terkenal sangat tertutup. Kabarnya, MSS kerap melakukan peretasan pada komputer-komputer untuk memata-matai negara lain atau mencuri data rahasia. Salah satu buktinya adalah penangkapan dua anggota MSS pada 2018 lalu yang tengah mencuri data miliki Amerika Serikat.

7. MI6 - Inggris

Negara yang saat ini dipimpin oleh Raja Charles ini memiliki badan inteligen bertajuk MI6 yang pertama kali dibentuk sebelum Perang Dunia I mencuat. Tugas utama dari MI6 adalah untuk memata-matai pemerintah Jerman.

MI6 juga kerap melakukan kolaborasi dengan agen badan inteligen lainnya, seperti Amerika Serikat unuk berbagi informasi mengenai operasi rahasia.

8.CIA - Amerika Serikat

CIA atau Central Intelligence Agency mungkin adalah badan inteligen paling terkenal di dunia. CIA didirikan pada 1947 dengan fungsi untuk mencari dan menganalisis informasi seseorang, melakukan propaganda, dan menggelar operasi rahasia. Para agen CIA kabarnya dilatih untuk menyambaar, membunuh, dan melakukan negosiasi.

(RIN)

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini