Share

Langit Hawaii Menjadi Merah Akibat Letusan Mauna Loa, Gunung Berapi Terbesar di Dunia

Khafid Mardiyansyah, Okezone · Rabu 30 November 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 18 2717240 langit-hawaii-menjadi-merah-akibat-letusan-mauna-loa-gunung-berapi-terbesar-di-dunia-su1p8h9aUT.jpg Foto: Tangkapan layar.

HAWAII - Gunung berapi aktif terbesar di dunia, Mauna Loa di Hawaii, meletus untuk pertama kalinya dalam hampir 40 tahun. Letusan ini memunculkan pemandangan menakjubkan di langit Hawaii.

Survei Geologi AS (USGS) mengumumkan Mauna Loa memuntahkan lahar yang mengalir di salah satu sisi gunung. Meski begitu, letusan ini tidak menyebabkan ancaman bagi masyarakat sekitar gunung berapi tersebut.

Letusan Mauna Loa terjadi pada Minggu, (27/11/2022) sekira pukul 11.30 malam waktu setempat. Mauna Loa memuntahkan lava panas dan terang, menyebabkan langit malam di pulau terbesar Hawaii terlihat memerah seperti terbakar.

Meski lava yang terkandung dalam gunung dan tidak mengancam orang Hawaii yang tinggal di lereng untuk saat ini, USGS memperingatkan penduduk bahwa gas vulkanik dan abu halus dapat melayang ke arah mereka.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Mauna Loa menjulang setinggi 4.169 meter di atas Samudera Pasifik, bagian dari rantai gunung berapi yang membentuk pulau Hawaii. Terakhir meletus pada Maret dan April 1984, mengirimkan aliran lava dalam jarak 8,05 km dari Hilo, kota terbesar di pulau itu.

Baca Berita Selengkapnya: Gunung Berapi Terbesar di Dunia Mauna Loa Meletus, Langit Malam Hawaii Memerah

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini