Share

Universitas Jepang Izinkan Wisudawan Pakai Baju Bebas di Upacara Kelulusan, Hasilnya Bikin Melongo

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 23 Januari 2023 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 18 2751469 universitas-jepang-izinkan-wisudawan-pakai-baju-bebas-di-upacara-kelulusan-hasilnya-bikin-melongo-buE2eDTZw5.jpg Upacara wisuda di Universitas Kyoto. (Foto: Facebook/Dwarf Mamba)

UPACARA kelulusan universitas bagi banyak orang menjadi momen penting dan resmi. Para wisudawan akan berpakaian rapi, mengenakan jubah kelulusan dan toga, bahkan ada yang pergi ke salon untuk hadir dengan penampilan terbaik di hari wisudanya.

Namun, berbeda dari tradisi yang membosankan itu, salah satu universitas di Jepang memutuskan untuk mengizinkan para wisudawan datang ke upacara kelulusan dengan berpakaian sesukanya, mengenakan apa pun yang mereka mau. Hasilnya, pemandangan aneh dan unik terlihat di upacara wisuda, yang tampak seperti sebuah pesta kostum itu.

Di halaman Facebooknya, komedian Dwarf Mamba menampilkan foto-foto dari upacara wisuda tersebut, di mana banyak mahasiswa yang lulus memutuskan hadir dengan kostum unik dan “gila”.

"Universitas Kyoto mengizinkan siswa untuk memakai apapun yang mereka inginkan untuk upacara kelulusan mereka," tulisnya dalam posting Facebook tersebut, sebagaimana dilansir World of Buzz.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Terlihat dari foto-foto tersebut, ada wisudawan yang datang dengan kostum “The Mask” dan “E.T.”, ada yang mengenakan kostum pengantin, lengkap dengan manekin pasangannya, ada juga yang mengenakan kostum dengan tiang totem Indian raksasa.

Pemandangan seperti ini tampaknya tidak akan mungkin terlihat dalam upacara kelulusan universitas di Indonesia.

Universitas Kyoto adalah salah satu universitas elite di Jepang. Universitas ini bahkan menduduki peringkat ke-68 di antara 1.799 universitas dari seluruh dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini