Share

Gempa Dahsyat M7,8 Guncang Turki hingga Suriah, Putin Kirim Ucapan Belasungkawa dan Tawarkan Bantuan

Susi Susanti, Okezone · Senin 06 Februari 2023 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 06 18 2760058 gempa-dahsyat-m7-8-guncang-turki-hingga-suriah-putin-kirim-ucapan-belasungkawa-dan-tawarkan-bantuan-CtZTRsOB5B.jpg Gempa bumi M7,8 mengguncang Turki (Foto: Reuters)

MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (6/2/2023) menyatakan belasungkawa dan menawarkan dukungan kepada rekan-rekannya dari Turki dan Suriah, setelah gempa kuat magnitudo 7,8 menewaskan lebih dari 500 orang dan melukai ribuan orang di kedua negara. Gempa itu menyebabkan kehancuran di kedua negara pada Senin (6/2/2023) pagi.

Rusia diketahui memiliki hubungan yang kuat dengan Suriah dan Turki. Putin mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam perang saudara dan memiliki hubungan yang kuat dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, anggota NATO yang berusaha menengahi perang Ukraina.

RT melaporkan, dalam telegram kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Putin menyampaikan "kata-kata simpati yang tulus" kepada keluarga orang-orang yang tewas dalam bencana tersebut dan mengharapkan pemulihan yang cepat bagi para penyintas atau korban yang selamat.

BACA JUGA:  Gempa Turki Magnitudo 7, Kemlu : Ada 3 WNI Alami Luka-Luka   

"Tolong terima belasungkawa mendalam saya atas banyak korban manusia dan kehancuran besar-besaran yang disebabkan oleh gempa kuat di negara Anda," kata Putin dalam pesannya kepada Erdogan.

 BACA JUGA: Gempa Dahsyat M7,8 Guncang Turki, Jumlah Korban Meninggal Bertambah Jadi 640 Orang

"Kami siap memberikan bantuan yang diperlukan dalam hal ini,” lanjutnya.

Tak hanya kepada Erdogan, Putin juga mengirimkan ucapan belasungkawa kepada Assad. Dalam pesan serupa kepada Assad, Putin mengatakan Rusia berbagi kesedihan dan rasa sakit dari mereka yang kehilangan orang yang mereka cintai dan mengatakan Rusia siap memberikan bantuan.

Follow Berita Okezone di Google News

Rusia mengatakan memiliki dua pesawat Ilyushin-76 dengan penyelamat di dalamnya yang siap terbang ke Turki untuk membantu upaya penyelamatan. Kementerian darurat Rusia mengatakan 100 penyelamat telah disiagakan.

Adapun Kementerian Kesehatan Suriah melaporkan korban tewas sedikitnya 237, dengan sedikitnya 648 orang lainnya terluka akibat bencana tersebut.

Seperti diketahui, Rusia mendukung Assad dalam perang saudara Suriah, meluncurkan kampanye militer yang membantu mengubah gelombang perang menjadi menguntungkannya meskipun Barat telah meminta pemimpin Suriah untuk pergi.

Rusia memiliki pangkalan angkatan laut di Tartus, di pantai Suriah, dan mengoperasikan pangkalan udara Khmeimim di utara Tartus. Kementerian pertahanan Rusia mengatakan fasilitas militernya di Suriah tidak rusak akibat gempa.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini