Share

Tak Hanya Manusia, Anjing Pelacak Pun Ikut Dikirim dari Sejumlah Negara untuk Bantu Cari Korban Gempa yang Terkubur di Bawah Reruntuhan

Susi Susanti, Okezone · Rabu 08 Februari 2023 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 08 18 2761071 tak-hanya-manusia-anjing-pelacak-pun-ikut-dikirim-untuk-bantu-cari-korban-gempa-turki-hingga-suriah-yang-terkubur-di-bawah-reruntuhan-q3jeGJbhNU.jpg Meksiko kirim 16 anjing pelacak untuk bantu pencarian korban gempa Turki (Foto: Twitter)

MESIKO - Meksiko mengirim beberapa anjing pelacak dan penyelamat terkenalnya ke Turki untuk membantu mencari orang-orang yang terkubur di bawah reruntuhan setelah gempa dahsyat magnitudo 7,8 mengguncang Turki hingga Suriah pada Senin (6/2/2023).

Sebuah pesawat dengan 16 anjing di dalamnya lepas landas dari Mexico City pada Selasa (7/2/2023) pagi.

Meksiko, yang rawan gempa bumi, memiliki tim sipil dan militer yang sangat terspesialisasi yang sering dikerahkan untuk membantu saat bencana melanda.

BACA JUGA:  Bayi Ini Lahir di Bawah Reruntuhan Akibat Gempa Dahsyat Turki hingga Suriah, Sang Ibu Meninggal saat Melahirkan

Anjing-anjing itu memenangkan hati orang-orang Meksiko selama gempa negara itu 2017, ketika mereka menyelamatkan beberapa nyawa.

BACA JUGA:  Jumlah Korban Gempa Terus Melonjak, Turki Umumkan Keadaan Darurat Selama 3 Bulan

Seekor Labrador Retriever kuning bernama Frida memperoleh ketenaran internasional ketika dia terlihat mencari orang yang selamat di Mexico City dengan mengenakan kacamata pelindung dan sepatu bot.

Angkatan laut memuji Frida dengan menyelamatkan 12 nyawa dan menemukan 40 mayat dalam operasi di seluruh Meksiko, Haiti, Guatemala, dan Ekuador.

Sementara Frida meninggal karena usia tua tahun lalu, setidaknya salah satu rekan anjingnya dari gempa Meksiko 2017 akan menjadi bagian dari tim Angkatan Laut Meksiko yang melakukan perjalanan ke Turki.

Follow Berita Okezone di Google News

Ecko, seorang Malinois Belgia, terlihat di bandara di Mexico City dengan pawang angkatan lautnya.

Tapi pengerahan itu bukan hanya militer. Kelompok pencarian dan penyelamatan sipil Los Topos de Tlatelolco (The Moles of Tlatelolco) juga sedang dalam perjalanan.

Kelompok sukarelawan yang sangat berpengalaman telah mengirim pesan kepada Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard untuk menawarkan bantuan mereka.

Dalam beberapa jam, Ebrard menjawab bahwa transportasi telah diatur untuk mereka dengan bantuan kedutaan Turki di Mexico City.

Menteri luar negeri juga memposting video seorang anggota Palang Merah dengan rekannya yang berkaki empat di dalam pesawat.

Dalam rekaman itu, Ángel Daniel Hernández mengatakan dia telah melatih Rex Gembala Jermannya sejak dia mengadopsinya lima tahun lalu.

Meksiko bukan satu-satunya negara yang mengirim anjing untuk membantu upaya penyelamatan di Turki dan Suriah.

Kroasia, Republik Ceko, Jerman, Yunani, Libya, Polandia, Swiss, Inggris, dan Amerika Serikat semuanya juga ikut mengirim anjing pelacak dengan pawangnya.

Hewan-hewan itu sering digunakan di daerah-daerah di mana penggunaan alat berat dapat menyebabkan puing-puing runtuh lebih jauh, sehingga membahayakan nyawa para penyintas.

Anjing-anjing itu dilatih untuk mengendus manusia dan mengingatkan pemiliknya dengan menggonggong dan menggaruk tanah yang baunya paling kuat.

Para pejabat Meksiko mengatakan misi mereka adalah "menyelamatkan nyawa" dan sementara anjing-anjing itu dapat mendeteksi bau mayat serta orang-orang yang terkubur hidup-hidup di bawah reruntuhan, harapannya adalah penyebaran cepat mereka akan menghasilkan penyelamatan lebih cepat.

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini