Share

Kunjungi Korban Gempa Dahsyat Turki, Erdogan: Kami Tidak Akan Membiarkan Warga Kami Tidak Terlindungi

Susi Susanti, Okezone · Kamis 09 Februari 2023 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 09 18 2761638 kunjungi-korban-gempa-dahsyat-turki-erdogan-kami-tidak-akan-membiarkan-warga-kami-tidak-terlindungi-OHgiXWkZEz.jpg Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengunjungi korban gempa M7,8 (Foto: AA)

TURKI - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan kabinet menterinya mengunjungi korban gempa dahsyat magitudo 7,8 yang mengguncang Turki hingga Suriah.

Erdogan mengunjungi Türkiye tenggara untuk memeriksa daerah-daerah yang terkena dampak buruk gempa bumi berkekuatan 7,7 dan 7,6 yang melanda negara itu awal pekan ini.

Kunjungan pada Rabu (8/2/2023) itu berlangsung sehari setelah Presiden Erdogan mengumumkan keadaan darurat selama tiga bulan di 10 provinsi yang dilanda gempa.

BACA JUGA: Korban Gempa Dahsyat Turki hingga Suriah Terus Bertambah Capai 12.000 Orang

Dia telah menugaskan anggota kabinetnya serta Wakil Presiden Fuat Oktay untuk menangani tanggap darurat negara di daerah yang dilanda bencana dan membangun koordinasi di wilayah tersebut.

BACA JUGA:  Tertimpa Reruntuhan Bangunan, Kakek Korban Gempa Turki Minta Air Ingin Wudu dan Sholat

Pada tahap pertama kunjungannya, Erdogan mengunjungi sebuah stadion sepak bola di distrik Onikisubat, Kahramanmaras di mana sebuah kota tenda didirikan untuk para korban sebelum menuju ke distrik Pazarcik, pusat dari salah satu dari dua gempa bumi besar yang terjadi pada Senin (6/2/2023).

“Dalam setahun, kami berencana membangun kembali 10 provinsi ini seperti yang kami lakukan di provinsi-provinsi yang dilanda gempa sebelumnya,” kata Erdogan, dikutip TRT World.

Presiden Turki mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan negosiasi dengan hotel-hotel di Antalya, Alanya, dan Mersin untuk menampung para korban.

Follow Berita Okezone di Google News

"Kami siap menempatkan mereka di hotel-hotel di kota-kota ini," katanya.

Dia menambahkan bahwa pemerintah juga akan memberikan bantuan awal sebesar 10.000 lira Turki kepada keluarga yang terkena dampak gempa.

“Warga kami tidak perlu khawatir. Kami tidak akan pernah membiarkan mereka tetap tidak terlindungi,” tegasnya.

“Kami telah mengerahkan semua sumber daya kami. Negara bekerja dengan kota, terutama AFAD (Presidensi Manajemen Bencana dan Darurat), dengan segala cara,” lanjutnya.

Dia memeriksa upaya bantuan di provinsi Kahramanmaras, di mana dua gempa kuat yang mengguncang wilayah itu berpusat, memengaruhi sembilan provinsi lain dan lebih dari 13 juta orang.

Dia kemudian akan melakukan perjalanan ke provinsi tenggara Hatay lainnya untuk melakukan inspeksi di sana.

Menurut angka resmi yang dirilis pada Rabu (8/2/2023) sore, gempa bumi dahsyat dan gempa susulan telah menewaskan 8.574 orang dan melukai 49.133 sementara lebih dari 8.000 orang diselamatkan.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini