nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Obat Ampuh Jadi Sang Juara

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Rabu 14 Mei 2014 14:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 05 14 560 984895 dHg9zon4Py.jpg Peserta L'Oreal Girls Science Camp (LGSC). (Foto: Faisal Harahap/Okezone)

JAKARTA - Siap mental dan percaya diri merupakan salah satu obat ampuh untuk menjadi sang juara. Salah satunya melakukan sebuah ajang kompetisi yang mempresentasikan sebuah karya tulis. Persiapan mental yang matang serta percaya diri sendiri, maka presentasi akan lancar di atas panggung. Kemenangan pun bisa diraih seketika.

Seperti yang dialami oleh pemenang L'Oreal Girls Science Camp (LGSC) 2007, Karina Haryani yang kini bekerja dalam sebuah proyek offshore di Balikpapan. Dia turut menghadiri program LGSC tahun ini dan berbagi pemikiran serta pengalaman dengan para peserta LGSC lainnya.

"Waktu mengikuti LGSC, saya belajar kompetisi dan mempunyai teman baru. Ketika saya menang dan mendapatkan sertifikat, bisa langsung masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tanpa tes," ujarnya di Putri Duyung, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (14/5/2014).

Perempuan yang baru lulus kuliah tahun lalu itu mengakui bahwa hal-hal yang penting dalam persiapan sebuah kompetisi, memang ada hal yang ditakutkannya, yakni saingan.

"Yang paling penting siap mental, percaya diri, percuma kalau punya bahan tapi enggak percaya diri, sama aja," ucapnya.

Perempuan jebolan Teknik Kimia itu melanjutkan, dengan mengikuti ajang seperti ini, banyak sekali yang dapat diambil hikmahnya, seperti terlahir perempuan-perempuan masa depan sebagai penerus yang berhasil.

"Harus semangat, jangan remehkan sebuah event atau kompetisi," ungkapnya.

Setelah lulus tahun lalu dengan tepat waktu, Karina saat ini sedang menjalankan proyek lepas pantai di PT Chevron. "Kebetulan ada pembukaan proyek dari alumni, saya coba ternyata bisa masuk dan seminggu setelah wisuda langsung kerja," tuturnya.

Karina pun memberikan tips-tips kepada para peserta LGSC 2014 bahwa kunci sukses dalam sebuah kompetisi yakni jangan melihat dari kemenangannya, namun berdasarkan proses.

"Tapi tetap mengejar menjadi pemenang dengan selalu belajar, karena ajang ini awal dari karier selanjutnya," tutup dia.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini