nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terinspirasi Buah Bintaro, Sabet Jawara LGSC

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Rabu 14 Mei 2014 21:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 05 14 560 985136 CAucu75dzU.jpg SMA Pembangunan Jaya menjadi pemenang I kompetisi LGSC. (Foto: Faisal Harahap/Okezone)

JAKARTA - Lebih dari 100 undangan didistribusikan ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Setiap sekolah, hanya boleh diwakili oleh satu tim yang terdiri atas tiga remaja putri kelas X SMA.

Nantinya, setiap tim akan mengirimkan karya sains mereka berdasarkan tema tahunan yang ditentukan oleh L'Oreal, 15 tim dengan karya sains terbaik diundang untuk mengikuti acara L'Oreal Girls Science Camp (LGSC) 2014.

SMA Pembangunan Jaya Bintaro, Tangerang Selatan didaulat menjadi juara 1 dalam ajang LGSC 2014. Mereka adalah Fiona Ayu Larasati, Yuke Vahira Agatha, dan Deananda Ayusaputri yang mempresentasi karya ilmiahnya yang berjudul 'Teknik Destilasi Air sebagai Solusi Alternatif Pengubah Air Laut Menjadi Air Bersih: Edukasi Bagi Masyarakat Pesisir Akan Krisis Air Bersih'.

Deananda Ayusaputri menjelaskan mengenai karya ilmiah yang terinspirasi berawal dari buah yang bernama "Bintaro". Buah yang tidak digunakan dan hanya menjadi sampah, ternyata bisa dijadikan karya ilmiahnya.

"Buah Bintaro enggak ada yang tahu dan enggak ada manfaatnya. Pada dasarnya, ajang ini membuat sesuatu yang inovatif, kreatif dan originalitas. Ketika kita tahu bahwa ternyata buah bintaro tersebut mengandung sel-sel selulosa yang bagus buat arang, kita ambil dan kita manfaatkan untuk dijadikan arang buat filterisasi menjadi karbon aktifnya," jelasnya usai pengumuman pemenang LGSC 2014 di Putri Duyung, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (14/5/2014).

Selain itu, kata Fiona Ayu Larasati, proses dari mendapatkan buah bintaro dan akhirnya mengandung sel-sel selulosa itu hanya membutuhkan waktu tiga hari, tapi pengambilan bahan-bahan dan pembuatan alatnya hanya memakan waktu satu hari.

"Karena sisanya peralatan untuk presentasi dan harus membuat slide, serta kita juga membuat esai untuk proposal juri. Tahu informasi buah bintaro tersebut dari banyak orang, penelitiannya kita keringkan dan kita bakar dan ternyata benar, arang dari buah bintaro bisa jadi karbon aktif untuk filterisasi air," ucapnya.

Yuke Vahira Agatha pun senang sekali karena tidak menyangka timnya bisa menang menjadi juara 1. "Kita enggak ada persiapan yang benar-benar matang," ungkapnya.

Mereka bertiga berharap untuk rencananya ke depannya, alat karya ilmiah tersebut bisa dimassalkan. Masyarakat pesisir bisa mengupgrade dari alat ini, namun karena keterbatasan waktu atau keterbatasan biaya, maka alat tersebut menjadi pameran di sekolahnya.

Pada Juni 2014, ketiganya akan berangkat ke Shanghai, China untuk berkesempatan mengunjungi L'Oreal Lab dan R&D Center.

"Di sana kita mau nanya-nanya mengenai seputar penelitian kosmetik, kita juga ingin tahu terbuat dari apa, bagaimana cara membuatnya. Jadi, kita enggak hanya memakai saja, tapi kita mencari tahu apa saja yang terkandung didalamnya dan apakah bahan kimianya, berbahaya atau tidak buat kita," bebernya.

Mereka bertiga pun memberikan tips-tipsnya untuk adik-adik kelasnya yang akan mengikuti LGSC tahun depan untuk jangan pantang menyerah.

"Walaupun kita merasa pesimistis, semua ada kemungkinannya kok, kalau kita mau coba pasti bisa," tuturnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini