Polisi Tangkap Tersangka Terkait Serangan Charlie Hebdo

Hendra Mujiraharja, Okezone · Selasa 13 Januari 2015 17:57 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 13 18 1091745 polisi-tangkap-tersangka-terkait-serangan-charlie-hebdo-l2acNXDcAQ.jpg Fritz-Joly Joachin diduga terlibat serangan di Charlie Hebdo. (Foto: Reuters)

SOFIA – Kepolisian Prancis pada Selasa 13 Januari 2015 pagi waktu setempat berhasil menangkap seorang pria di Bulgaria. Informasi ini berbedar sesaat setelah pasukan khusus Prancis memburu enam pelaku aksi terorisme.

Pria asal Prancis itu sepertinya sering berhubungan dengan satu dari dua pelaku penyerangan kantor majalah Charlie Hebdo di Paris, Prancis. Kini, dia sudah siap diekstradisi dari Bulgaria.

Pria yang ditangkap itu bernama Fritz-Joly Joachin. Pria berusia 29 tahun tersebut tertangkap pada 11 Januari 2015 di pos pemeriksaan imigrasi saat hendak menyeberang dari Turki ke Suriah dengan anaknya yang berusia tiga tahun.

Menurut pihak di Kantor Kepala Kejaksaan Sofia, surat perintah dikeluarkan karena Joachin diduga menjadi bagian kelompok untuk melakukan tindakan terorisme. Keputusan mengenai ekstradisi pria itu akan dikeluarkan pada Jumat 16 Januari 2015.

Sebagaimana diketahui, kantor majalah Charlie Hebdo diserang oleh dua pelaku yang diketahui bernama Said dan Cherif Kouachi. Insiden tersebut menewaskan 12 orang.

Selain itu, terjadi penyanderaan di dua tempat berbeda sehingga tragedi di Paris pada pekan lalu membuat 17 orang menjadi korban.

“Pihak berwenang percaya kaki-tangan yang tidak disebutkan namanya berada di balik kemudi mobil yang terdaftar atas nama istri Amedy Coulibaly,” demikian pernyataan pihak Kepolisian Prancis, seperti diberitakan The Independent, Selasa (13/1/2015).

Sampai saat ini istri Coulibaly bernama Hayat Boumeddiene masih diburu petugas Kepolisian Prancis.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini