Image

Ada "Udang" di Balik Cium Tangan Yuddy ke Puan

Jurnalis · Rabu, 1 April 2015 - 11:49 WIB
Foto: Okezone Foto: Okezone

JAKARTA - Aksi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi mencium tangan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, menjadi sorotan masyarakat.

Pakar komunikasi politik Tjipta Lesmana memiliki pendapat atas aksi Menteri Yuddy tersebut. Tjipta mengatakan, dari sudut pandang budaya Jawa, cium tangan itu menandakan hormat yang sangat tinggi dari seseorang kepada orang yang dicium tangannya.

"Atau menandakan bawahan yang sangat amat menghormati atasan," ujar Tjipta saat dihubungi, Rabu (1/4/2015).

Dia menambahkan, sementara dari sudut pandang kenegaraan, terutama sudut sistem demokrasi, cium tangan itu tidak lazim. Cium tangan, bisa diartikan sebagai budaya feodal.

"Seperti abdi dalem di Keraton Yogyakarta atau di keraton Solo yang menyembah sang Raja melalui cium tangan," tuturnya.

Jadi secara umum, dia berpendapat, seorang menteri tidak perlu mencium tangan, apalagi cium tangan sesama menteri. Hal itu bisa diartikan ada sesuatu yang diharapkan (udang dibalik batu) politikus Hanura itu.

"Sebab cium tangan seperti itu yang dilakukan Menpan Yuddy, bisa diartikan mencari atau mengharapkan sesuatu dari Puan Maharani sebagai putri Ketua Umum PDIP Megawati," pungkasnya. (Sindonews)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming