Share

Pelaku Bom New York Bersembunyi di Balik Bangunan Konstruksi

Silviana Dharma, Okezone · Senin 19 September 2016 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 19 18 1492712 pelaku-bom-new-york-bersembunyi-di-balik-bangunan-konstruksi-HAoT4x5OtZ.jpg Pascaledakan di New York. (Foto: AP)

NEW YORK – Seperti dikatakan Wali Kota New York Bill de Blasio, pelaku ledakan New York kemungkinan sangat terorganisasi. Bukti terbaru yang sekali lagi diperoleh dari rekaman CCTV menunjukkan pelaku dengan lihai bersembunyi di balik bangunan konstruksi untuk menghindari kamera pengintai.

Penyidik yang menelusuri rekaman dari dua lokasi penemuan ledakan mengungkapkan bahwa para pelaku selalu bisa menutupi aksinya dengan menjadikan tangga steger (struktur sementara penyangga bangunan) dan penutup sementara di atas trotoar sebagai tameng. Peralatan konstruksi yang relatif membutuhkan tempat memang membuat CCTV kesulitan merekam kejadian, apalagi jika terjadinya pada malam hari.

Seperti disunting Daily Mail, Senin (19/9/2016), taktik menghindari rekaman CCTV kota juga pernah dilancarkan oleh dua pengebom maraton Boston yang menewaskan tiga orang dan melukai 260 lainnya pada 2013. Kemiripan lain dengan tragedi di Boston adalah alat ledak berupa panci uap bertekanan tinggi (presto) yang ditemukan di 27th Street, Chelsea, New York.

Kepolisian New York (NYPD) saat ini tengah menelusuri sedikitnya 3.000 rekaman CCTV di seluruh penjuru kota. Kamera yang saling terhubung itu dikenal dengan sebutan Lingkaran Baja (Ring of Steel) yang mirip dengan yang digunakan di London.

Sistem ini dianggap sebagai salah satu yang paling maju di dunia. Operasinya terutama difokuskan pada kawasan Canal Street (sebagian besar jalan dari timur ke barat Manhattan), walaupun Midtown dan Chelsea juga tercakup dengan baik.

ABC7NY melaporkan, NYPD dan FBI sejauh ini telah menangkap lima pria terduga pelaku teror bom di Chelsea, New York. Mereka ditangkap di Jembatan Verrazano-Narrows yang menghubungkan jalan ke Brooklyn dan Staten Island saat sedang melajukan mobilnya.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini