Image

Komite Inaugurasi Trump Kumpulkan Rp1,2 T untuk Dana Pelantikan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at, 13 Januari 2017 - 20:30 WIB
Dana lebih dari Rp1,2 triliun terkumpul untuk acara inaugurasi Presiden Terpilih AS Donald Trump. (Foto: Reuters) Dana lebih dari Rp1,2 triliun terkumpul untuk acara inaugurasi Presiden Terpilih AS Donald Trump. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Komite Inaugurasi Presiden telah mengumpulkan dana lebih dari USD90 juta (setara Rp1,2 triliun) dalam bentuk sumbangan pribadi untuk membiayai pelantikan Presiden Terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada 20 Januari 2017. Jumlah ini jauh lebih besar dibandingkan yang pernah dikumpulkan Presiden Barack Obama dalam dua inaugurasinya.

Dalam dua inaugurasi Presiden Obama pada 2009 dan 2013, komite berhasil mengumpulkan dana masing-masing USD55 juta (Rp733 miliar) dan USD43 juta (Rp573 miliar). Dana tersebut masih tersisa banyak setelah digunakan untuk membiayai pelantikan presiden ke-44 AS itu.

Meski berhasil mengumpulkan dana dengan jumlah fantastis itu, Trump bermaksud menghabiskan dana lebih sedikit untuk inaugurasinya. Pekan ini, Kepala Perencana Acara Pelantikan Donald Trump, Tom Barack mengatakan, tim Trump ingin menghindari ‘atmosfer layaknya acara sirkus’ dan lebih memilih pemikiran untuk ‘segera kembali bekerja’.

Pemimpin eksekutif komite inaugurasi Obama pada 2013, Steve Kerrigan menyebut jumlah USD80 juta yang dikumpulkan Trump terlalu besar. Dia mempertanyakan bagaimana Trump akan menggunakan dana yang telah dikumpulkan tersebut.

“Saya tidak dapat membayangkan bagaimana mereka akan menghabiskan dana sebanyak itu dan kenapa mereka terus mengumpulkan sumbangan. Kami merencanakan dua inaugurasi terbesar dalam sejarah negara kami dan tidak pernah menghabiskan dana yang mendekati jumlah itu,” ujar Kerrigan sebagaimana dilansir WTAE, Jumat (13/1/2017).

Sebagai perbandingan, Obama menggelar 10 pesta pada inaugurasi pertamanya pada 2009. Sedangkan Trump dilaporkan merencanakan hanya menggelar tiga pesta.

Parade inaugurasi Donald Trump juga diperkirakan hanya akan berlangsung selama 90 menit, sementara parade inaugurasi pertama Obama berlangsung selama sekira dua jam. Parade inaugurasi terpanjang dalam sejarah AS berlangsung selama empat setengah jam pada pelantikan Presiden Dwight Eisenhower pada 1953.

Komite Inaugurasi Trump menolak untuk menjelaskan bagaimana mereka akan menghabiskan dana tersebut secara detail. Juru bicara Boris Epshteyn mengatakan dana yang tersisa akan disumbangkan untuk amal.

Obama menggunakan sisa dana inaugurasinya untuk membiayai acara Paskah tahunan Gedung Putih, Easter Egg Roll, dan acara-acara pada masa jabatan pertamanya.

(rfa)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming