Waduh! Karena Gerhana Matahari Total di AS, Ribuan Salmon Kabur dari Tambak

Djanti Virantika, Okezone · Kamis 24 Agustus 2017 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 24 18 1762352 waduh-karena-gerhana-matahari-total-di-as-ribuan-salmon-kabur-dari-tambak-pJ2je3IxLF.jpg Ribuan salmon kabur dari tambak di AS saat gerhana matahari total. (Alamy/The Guardian)

WASHINGTON – Nasib malang tengah menimpa pengelola sebuah peternakan ikan di Washington, Amerika Serikat (AS). Mereka harus mengalami kerugian besar setelah ribuan salmon Atlantik lepas dari penangkarannya.

Ikan-ikan itu berhasil kabur setelah jaring di tambak mereka jebol. Mereka diduga melarikan diri ke perairan Pasifik atau tepatnya di Kepulauan San Juan.

Sebelum jebol, ada sekira 305 ribu salmon di tambak itu. Perhitungan awal menunjukkan, sekira 4.000 hingga 5.000 ikan hilang. Namun pengelola peternakan masih harus menghitung lagi untuk memastikan berapa banyak ikan yang melarikan diri.

Pemilik peternakan Cooke Aquaculture mengatakan, tambak mereka jebol karena besarnya arus saat itu. Menurutnya, gerhana matahari total yang terjadi beberapa hari lalu di Amerika Serikat telah memicu pasangnya air laut dan membuat jaring robek.

Kini, para pekerja di lokasi tengah memperbaiki tambak yang rusak. Mereka melakukan berbagai cara agar ikan yang tersisa di tambak tidak menyusul teman-temannya.

"Kru peternakan yang ada di lokasi bekerja untuk menstabilkan pertanian dan memulihkan ikan sebanyak mungkin, bila kondisinya memungkinkan," ujar pemilik perusahaan yang berbasis di Kanada tersebut, sebagaimana dikutip dari The Guardian, Kamis (24/8/2017).

Salmon Atlantik sendiri merupakan hewan akuakultur pertama di negara bagian Washington dan British Columbia. Sehingga, kejadian ini menjadi perhatian besar Departemen Perikanan dan Satwa Liar negara bagian Washington. Mereka pun turut membantu perusahaan tersebut untuk menangani insiden ini.

Penangkaran ikan di tambak Cooke Aquaculture merupakan salah satu cara membudidayakan spesies asli salmon Atlantik. Ron Warren dari Departemen Perikanan dan Satwa Liar Washington meminta para pemancing untuk membantu mengumpulkan kembali salmon Atlantik yang lepas tersebut. Mereka diminta menangkap ikan yang memiliki berat hingga 4,5 kg.

"Perhatian pertama kami, tentu saja, adalah untuk melindungi spesies ikan asli. Jadi kami ingin melihat sebanyak mungkin ikan yang lolos ini tertangkap," tutur Warren.

Menurut profesor di Universitas Victoria, John Volpe, lepasnya salmon Atlantik dari tambak tersebut merupakan peristiwa terbesar yang terjadi pada akhir pekan ini. Kejadian lepasnya salmon Atlantik sebelumnya juga pernah terjadi pada awal 1900-an. Namun saat itu, ikan-ikan tersebut memang sengaja dilepas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini