nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Innalillahi! Badai Tropis Lidia Hantam Meksiko, Empat Tewas

Emirald Julio, Jurnalis · Sabtu 02 September 2017 03:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 02 18 1767863 innalillahi-badai-tropis-lidia-hantam-meksiko-empat-tewas-PfE8dY1kDx.jpg Foto ketika Badai Tropis Lidia menghantam Meksiko (Foto: Reuters)

LA PAZ – Badai Tropis Lidia dilaporkan menghantam wilayah Mexico Jumat 1 September 2017. Badai yang memicu hujan deras di Semenanjung Baja California ini telah menyebabkan setidaknya empat orang tewas.

Sebagaimana dikutip dari Associated Press, Sabtu (2/9/2017) wali kota di Los Cabos, Arturo de la Rosa Escalante mengatakan bahwa dua orang tewas akibat tersetrum kabel listrik. Ia menambahkan, dua korban tewas lainnya adalah seorang perempuan dan bayi yang tersapu banjir. Akibat hantaman bencana alam tersebut sekira 1.400 orang harus mengungsi di tempat perlindungan badai setempat.

Baca Juga: Hujan Deras Masih Guyur Texas, Menlu Minta KJRI Houston Pantau WNI

Baca Juga: Astaga! Bukan Hanya Banjir, Semut Api Juga Jadi Ancaman Warga Houston Saat Badai Harvey

Pusat Badai Nasional Amerika Serikat mengklaim, Badai Tropis Lidia mulai membawa hujan deras ke wilayah Negara Bagian Baja California Sur pada Jumat dini hari waktu setempat.

Perlahan kekuatan angin Badai Tropis Lidia pun berkurang hingga 95 kilometer per jam. Diperkirakan kekuatan badai itu akan terus melemah dalam beberapa hari ke depan ketika Lidia sudah mencapai wilayah pegunungan di Meksiko.

Badai itu berpusat di lokasi yang berjarak 100 kilometer dari barat-barat laut Kota Lapaz dan bergerak menuju wilayah barat laut dengan kecepatan 15 kilometer per jam.

Pusat Badai Nasional Amerika Serikat mengklaim bahwa Badai tropis Lidia dapat menghasilkan akumulasi curah hujan 20 hingga 30 centimeter di wilayah Baja California dan sebagian besar di daratan utama Meksiko. Badai ini dikhawatirkan dapat menimbulkan banjir bandang dan tanah longsor.

Baca Juga: Waduh! 120 WNI di Houston Ngungsi karena Kebanjiran akibat Badai Harvey

Baca Juga: Wah! Tinjau Dampak Terjangan Badai Harvey, Presiden Trump dan Istri Kunjungi Texas 

Badai Tropis Lidia telah menyebarkan hujan deras di sejumlah lokasi di Meksiko termasuk di ibu kotanya. Bahkan karena badai tersebut, bandara di Kota Meksiko terpaksa ditutup pada pekan ini dan memicu munculnya sinkhole seluas 10 meter di jalanan.

Selain Lidia, saat ini ancaman baru juga muncul di wilayah Samudera Atlantik. Ancaman itu adalah Badai Irma yang diperkirakan akan mendekat ke wilayah Laut Karibia bagian timur pada pekan depan. Badai tersebut membawa angin yang memiliki kecepatan 175 kilometer per jam.

Kemunculan Lidia dan ancaman Badai Irma ini datang ketika wilayah Texas baru saja dihantam oleh Badai Harvey. Saat ini korban Badai Harvey telah mencapai 44 orang.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini