nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dinyatakan Bersalah, Penjagal 8.000 Muslim Bosnia Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 22 November 2017 18:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 22 18 1818716 dinyatakan-bersalah-penjagal-8-000-muslim-bosnia-dijatuhi-hukuman-seumur-hidup-CUN3g9KQvM.jpg Ratko Mladic mengacungkan jempolnya ke arah kamera saat memasuki ruang sidang Mahkamah Internasional untuk Kejahatan di Bekas Yugoslavia di Den Haag, Belanda, 22 November 2017. (Foto: AFP)

DEN HAAG – Mantan Jenderal Serbia yang bertanggung jawab atas pembantaian 8.000 warga Muslim Bosnia di Srebrenica pada masa Perang Balkan, Ratko Mladic, dinyatakan bersalah atas tuduhan genosida, kejahatan perang, dan kejahatan terhadap kemanusiaan oleh Mahkamah PBB untuk Kejahatan Perang di Bekas Yugoslavia (ICTY). Putusan tersebut telah lama dinanti oleh keluarga dari korban kekejaman si “Penjagal Bosnia”.

BACA JUGA: Belanda dan PBB Bertanggung Jawab atas Kematian 300 Muslim di Srebrenica

Mladic menghadapi 11 tuntutan, dua untuk genosida, lima tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan dan empat lainnya untuk pelanggaran terhadap hukum dan kebiasaan perang. ICTY menjatuhkan hukuman seumur hidup, sesuai dengan tuntutan jaksa terhadap pria berusia 74 tahun itu.   

Guardian, Rabu (22/11/2017), tuduhan lain yang terpisah terkait dengan operasi pembersihan etnis di Bosnia, menembak, membombardir warga sipil yang terkepung di Sarajevo, pembantaian pria dan anak laki-laki Muslim di Srebrenica dan melakukan penyanderaan pribadi guna mencegah serangan udara dari NATO.  

Persidangan kasus Mladic di Den Haag yang telah memakan waktu selama 530 hari yang terbagi dalam jangka lebih dari empat tahun dianggap menjadi salah satu persidangan kasus kejahatan perang paling penting di Eropa setelah Pengadilan Nuremberg yang mengadili para penjahat Nazi Jerman. Hampir 600 orang memberikan bukti dan kesaksian untuk penuntut dan pembela, termasuk para penyintas konflik di bekas Yugoslavia.

BACA JUGA: Brasil Tangkap Penjahat Perang Bosnia Buron sejak 1992

Saat membacakan putusan, Hakim Alphons Orie mengatakan, Mladic bermaksud untuk menghancurkan populasi warga Muslim di Srebrenica. Putusan tersebut dijatuhkan setahun setelah salah satu penjahat Perang Yugoslavia lainnya, Radovan Karadzic dinyatakan bersalah atas genosida 1995 dan divonis 40 tahun penjara.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini