Jendela Helikopter Angkatan Laut AS Jatuh di Sebuah Sekolah Dasar di Jepang dan Timpa Seorang Siswa

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Rabu 13 Desember 2017 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 13 18 1830000 jendela-helikopter-angkatan-laut-as-jatuh-di-sebuah-sekolah-dasar-di-jepang-dan-timpa-seorang-siswa-mnr1jp10vb.jpg Jendela helikopter milik AS jatuh di sebuah sekolah dasar di Jepang. (Foto: EPA)

TOKYO - Sebuah jendela dari helikopter milik militer angkatan laut Amerika Serikat (AS) mendadak copot di udara dan jatuh ke sebuah sekolah dasar di Jepang. Peristiwa tersebut nyaris menjadi insiden mengerikan karena jendela jatuh di lapangan olahraga sekolah di mana sekira 50 siswa tengah berkumpul.

Potongan jendela dari helikopter jenis CH-53 menimpa seorang siswa laki-laki yang ada di sana. Akibatnya, anak tersebut harus dirawat karena terluka di bagian lengan. Beruntung luka itu tak sampai mengancam nyawa korban yang tak disebutkan identitasnya itu.

"Anak-anak sekolah sedang mengikuti kelas olahraga di lapangan saat kecelakaan terjadi, tapi tidak ada yang terluka serius," terang seorang petugas polisi.

Melansir Daily Mail, Rabu (13/12/2017), peristiwa ini terjadi sekira 10.00 pagi waktu setempat. Sekolah dasar itu diketahui terletak dekat dengan pangkalan udara dan laut Futenma tempat militer Negeri Paman Sam bertugas. Menanggapi insiden tersebut, pihak AS sendiri telah menyampaikan permintaan maaf dan menyesalkan hal tersebut.

BACA JUGA: Anggotanya Terlibat Kecelakaan dan Tewaskan Warga saat Mabuk, Militer AS di Jepang Dilarang Minum Alkohol

Mereka kini tengah mengadakan penyelidikan penyebab jatuhnya jendela secara mendadak. Pekan lalu, sebuah bagian lain dari helikopter AS juga jatuh di atap bangunan sebuah taman anak-anak yang juga berada di dekat pangkalan udara dan laut Futenma.

Jendela helikopter milik AS yang jatuh di sebuah sekolah dasar. (Foto: EPA)

"Ini adalah kejadian yang disesalkan dan kami mohon maaf atas kegelisahan yang ditimbulkannya terhadap masyarakat," terang pihak AS.

Jendela tersebut diketahui memiliki ukuran nyaris 1 kali 1 menter. Pihak orangtua siswa sendiri telah menyesalkan insiden itu dan mengaku khawatir dengan keselamatan anak-anak mereka.

"Tubuh saya menggigil ketakutan," terang salah satu orangtua siswa.

BACA JUGA: Puluhan Ribu Warga Jepang Tolak Kehadiran Militer AS

"Anak saya termasuk orang-orang yang berada di lapangan dan anak-anak bisa saja mati jika jatuh di bagian yang salah," terang orangtua lainnya.

Angkatan Laut Amerika telah mengalami peningkatan penolakan warga Jepang sejak 2016 lalu setelah insiden serupa juga sempat terjadi namun tak sampai menyebabkan korban tewas. Para penduduk menyerukan pemindahan pangkalan-pangkalan militer AS termasuk pangkalan Futenma.

Para tentara AS yang ada di Negeri Sakura sendiri memang kerap terlibat skandal kontroversial seperti kasus alkohol dan kecelakaan lalu lintas.

"Kejadian semacam ini menyebabkan kekhawatiran bukan hanya orang-orang di sekolah tapi semua orang di Okinawa dan seharusnya tidak pernah terjadi," kata Juru Bicara Pemerintah Jepang, Yoshihide Suga.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini