nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Dinonaktifkan, Bupati Talaud Masih Isi Absen di Kantor

Subhan Sabu, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 19:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 16 340 1845897 sudah-dinonaktifkan-bupati-talaud-masih-isi-absen-di-kantor-pBOZpMhOwl.jpg Bupati Talaud Sri Wahyuni Munalip (foto: Subhan Sabhu/Okezone)

TALAUD - Bupati Kepulauan Talaud, Sri Wahyuni Maria Manalip bersikukuh belum menerima secara resmi SK pemberhentian sementara dirinya sebagai Bupati Kepulauan Talaud. Meski demikian, dirinya tetap datang masuk kantor.

"Meski sampai sekarang suratnya belum saya terima, tapi kita ikuti saja sesuai amanat undang-undang," ujar Manalip, Selasa (16/1/2018).

(Baca Juga: Bupati Talaud Hingga Kini Belum Terima SK Pemberhentian Sementara)

Manalip mengaku kedatangannya ke kantor Bupati hanya sekedar mengisi absen saja tidak memimpin apel karena sudah di ambil alih oleh wakil Bupati.

"Saya lihat kemarin saya pantau semenjak SK keluar tanggal 5, pak wakil Bupati selaku Plt Bupati sudah melaksanakan tugas sebagaimana biasa," jelas Manalip.

Bupati Talaud Sri Wahyuni Maria Manalip (foto: Subhan Sabu/Okezone)

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan Manalip adalah mengajukan permohonan cuti untuk mengikuti tahapan pilkada di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Manalip yang awalnya datang menggunakan mobil dinas, namun pulangnya sudah tidak lagi memakai mobil dinas, karena mobil dinasnya yang diparkir sudah terhalang mobil dinas Plt Bupati yang datang belakangan sehingga Manalip memilih untuk pulang dengan kendaraan pinjaman.

Seperti diketahui Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Sri Wahyuni Manalip telah melakukan perjalanan dinas luar negeri dan tidak pernah mengajukan izin kepada gubernur sebagaimana diatur dalam Permendagri No 29 Tahun 2017.

(Baca Juga: Sederet "Dosa" Bupati Talaud hingga Berujung Penonaktifan Tugas)

Dasar memberhentikan orang nomor satu di Kabupaten Talaud itu berdasarkan surat Gubernur Sulawesi Utara No 100/2912/Selcr-R0.Pemotda tanggal 31 Oktober 2017 perihal teguran; Surat Gubernur Sulawesi Utara No 098/ 3062/sekr.Ro. Pemotda tanggal 9 November 2017 perihal laporan; surat pernyataan Kepala Biro Pemerintahan dan Otda pada Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara tanggal 12 Desember 2017.

Bahwa berdasarkan Surat Pernyataan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah pada Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Sri Wahyuni Maria Manalip (Bupati Kepulauan Talaud) melakukan perjalanan ke luar negeri (Amerika Serikat) dari tanggal 20 Oktober hingga 13 November 2017 tanpa izin Menteri Dalam Negeri.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini