nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Verifikasi Faktual, Putusan MK Harus Dijalankan agar Tak Ada Parpol Merasa Dianaktirikan

Badriyanto, Jurnalis · Rabu 17 Januari 2018 06:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 17 337 1846077 soal-verifikasi-faktual-putusan-mk-harus-dijalankan-agar-tak-ada-parpol-merasa-dianaktirikan-0EFRNTivyo.jpg Mahkamah Konstitusi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Partai Berkarya menyambut baik putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mewajibkan semua partai politik (parpol) lama maupun yang baru harus mengikuti tahapan proses verifikasi faktual di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sehingga semua parpol akan mendapatkan perlakuan yang sama sebelum resmi ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2019.

"Kita menghargai putusan MK, untuk rasa keadilan dan kebersamaan calon peserta pemilu 2019, itu bagus. Intinya putusan MK itu harus dijalankan karena ada rasa keadilannya, jadi tidak ada yang merasa dianaktirikan sebagai peserta pemilu," kata Sekjen Partai Berkarya Badarudin Andi Picunang kepada Okezone, Rabu (17/1/2018)

Badarudin menjelaskan, selain memiliki hak yang sama, verifikasi faktual terhadap partai lama itu sangat penting untuk meng-update dokumen-dokumen lama, yang pernah dijadikan syarat pada lima tahun silam. Bisa jadi berkas lama itu sudah tiada atau bahkan kedaluwarsa sehingga perlu diperbaharui kembali.

"Harus di-update, masak persyaratan lima tahun yang lalu dipakai untuk persyaratan sekarang, harusnya persyaratan yang ada saat ini untuk Pemilu 2019. Bisa saja kedaluwarsa kepengurusannya atau kantornya hilang, kan perlu di-update, itulah unsur keadilannya," imbuhnya.

(Baca Juga: Perludem: Verifikasi bagi Parpol Lama Harus Diberlakukan di Pemilu 2019)

Sebagai salah satu elite partai yang baru saja mengikuti tahapan verifikasi faktual di KPU, Badarudin mengatakan putusan MK itu melelahkan karena harus menyikapi dokumen yang banyak dari tingkat pusat hingga daerah. Namun begitu, perlu dilakukan karena tidak semua partai lama itu dokumennya update.

(Baca Juga: PSI Percaya KPU Akan Verifikasi Faktual Semua Partai Politik Peserta Pemilu 2019)

Badarudin mengaku senang telah melalui tahapan tersebut sehingga putusan MK itu sudah tidak berlaku pada dirinya, karena partai besutan Tommy Soeharto itu telah usai menjalani tahapan tersebut bersama tiga partai baru lain yakni Partai Perindo, PSI dan Garuda.

"Artinya 4 partai ini otomatis lolos karena sudah mengikuti verifikasi administrasi, sama dengan yang telah dilakukan oleh 12 parpol lama itu, jadi unsur keadilannya disitu," pungkasnya.

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini