Image

Menlu Retno: Keluarga TKI Adelina Sudah Berhasil Dihubungi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 20:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 13 18 1859165 menlu-retno-keluarga-tki-adelina-sudah-berhasil-dihubungi-BzVegONGHb.jpeg Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, memastikan pihak Kemlu akan terus mendampingi keluarga Adelina (Foto: Wikanto Arungbudoyo/Okezone)

JAKARTA – Pihak Kementerian Luar Negeri RI terus mengupayakan agar pengusutan kasus penyiksaan yang menimpa tenaga kerja Indonesia (TKI) bernama Adelina diusut hingga tuntas. Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi mengatakan, keluarga dari Adelina sudah berhasil dihubungi.

“Dari kemarin kita melakukan banyak sekali pengecekan. Antara lain namanya bukan Adelina Lisoy tapi Adelina Jemira berasal dari Nusa Tenggara Timur,” ujar Menlu Retno kepada awak media di Kantin Diplomasi Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2018).

“Kita sudah kontak dengan keluarganya yaitu ayah dan pamannya. Kita sudah menyampaikan komitmen bahwa kita akan terus membantu pengurusan kasusnya. Proses post-mortem belum selesai dan yang kita sedang upayakan adalah masalah kompensasi,” imbuh diplomat kelahiran Semarang itu.

BACA JUGA: Siksa TKW Asal Medan, Kakak-Beradik di Malaysia Ditangkap Polisi 

Menlu Retno mengatakan, sejak kasus penyiksaan terhadap Adelina diketahui, pihak Kementerian Luar Negeri terus melakukan pelacakan dari hari ke hari. Salah satunya adalah mengenai identitas Adelina sendiri yang sebelumnya disebutkan berasal dari Medan, Provinsi Sumatera Utara.

“Medan tempat dia berangkat. Paspor diterbitkan di Blitar (Jawa Timur) dan ternyata dari NTT. Dari hari ke hari kita berusaha melacak ini dari mana dari mana. Hari ini kemajuan kita bisa kontak keluarga. Kita sudah menyampaikan bahwa akan terus mendampingi selama proses hukum,” tutup Menlu Retno.

BACA JUGA: Kemlu Klarifikasi Penyiksaan terhadap TKI Adelina di Malaysia

Sebagaimana diberitakan, Adelina diduga disiksa oleh salah satu anggota keluarga majikannya di Bukit Mertajam, Penang, Malaysia. Kasus tersebut terungkap setelah seorang ajudan anggota parlemen Bukit Mertajam melihat korban tidur di beranda. Berdasarkan keterangan tetangga, Adelina ternyata sudah tidur di beranda bersama seekor anjing majikannya selama lebih dari satu bulan.

Polisi sudah berhasil menahan dua orang dalam kasus ini, yaitu majikan Adelina, seorang perempuan berusia 36 tahun dan kakak laki-lakinya yang berusia 39 tahun. Polisi kemungkinan akan mengusut kasus tersebut sesuai dengan Pasal 302 KUHP Malaysia dengan dakwaan pembunuhan berencana dan disengaja yang dapat dituntut dengan hukuman mati.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini