nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komisi I DPR Minta TNI Utamakan Aspek Keselamatan Sebelum "Pamer" Alutsista

Bayu Septianto, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 01:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 13 337 1872334 komisi-i-dpr-minta-tni-utamakan-aspek-keselamatan-sebelum-pamer-alutsista-vsUtd4hlSB.jpg Lokasi tank TNI tenggelam di Sungai Bogowonto (Foto: Ist)

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Evita Nursanty menilai positif upaya Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang mengenalkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) kepada masyarakat, khususnya kepada anak-anak dengan mengendarainya. Namun, ia menyayangkan TNI yang kurang memperhatikan aspek keselamatan sehingga membuat masyarakat menjadi korban saat mengalami kecelakaan.

Hal itu menyusul adanya kecelakaan tank jenis M113A1 milik TNI Angkatan Darat yang tenggelam saat sedang mengangkut sekira 20 anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan TK Sindurjan Purworejo saat sedang melaksanakan outbond pada Sabtu, 10 Maret 2018 di Sungai Bogowonto.

"Itu positif dan ada sisi edukasi disana. Itu juga membuat masyarakat lebih dekat dengan TNI. Namun begitu, sangat disayangkan karena sepertinya kurang serius dalam mempertimbangkan aspek-aspek keselamatan," ujar Evita kepada Okezone, Selasa (13/3/2018).

(Baca Juga: Pratu Randi Korban Kecelakaan Tank Dikenang Sosok Pendiam dan Baik Hati)

Salah satu aspek keselamatan yang diabaikan, menurut Evita adalah membawa anak-anak masuk ke dalam tank menuju sungai yang tentunya konturnya labil dan arus sungai yang cukup deras. Akibatnya, tank tersebut terperosok ke dalam lapisan dasar sungai tersebut.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu pun berharap, model pengenalan kegiatan outbond serta pengenalan alutsista seperti ini dievaluasi dengan serius, bahkan dihentikan. TNI, lanjutnya, harus memikirkan cara lain untuk mengenalkan alutsista ke masyarakat, khususnya anak-anak.

"Bisa saja, misalnya hanya melihat saja atau duduk merasakan tidak perlu ikut bergerak. Apalagi dengan membawa anak-anak dalam jumlah yang tidak sedikit. Jangan membawa anak-anak di medan yang sangat berisiko," tegasnya.

Evita meminta TNI, khususnya TNI Angkatan Darat segera melakukan evaluasi agar kejadian serupa tak terulang.

"Kita minta TNI khususnya TNI AD untuk menjadikan ini pembelajaran dan tidak mengulangi kembali kejadian yang sama di masa mendatang," pungkasnya.

(Baca Juga: Sebelum Tank Tenggelam di Sungai, Siswa TK Dikenalkan Helikopter)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini