nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketua KPK Dukung RUU Transaksi Uang Kartal Segera Disahkan

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 13:53 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 17 337 1887688 ketua-kpk-dukung-ruu-transaksi-uang-kartal-segera-disahkan-uBunMqx5yF.jpg Ketua KPK Agus Rahardjo diskusi di Kantor PPATK ((Foto: Taufik Fajar)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyatakan dukungannya terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Pembatasan Transaksi Uang Kartal yang akan disahkan oleh DPR. Ia pun mendorong agar RUU tersebut segera disahkan.

"Saya berharap banyak terhadap (RUU Pembatasan Transaksi Uang Kartal) segera diwujudkan untuk pembatasan uang tunai," ujar Agus di Gedung PPATK, Jakarta Pusat, Selasa (17/4/2018).

Namun, Agus memiliki catatan terhadap RUU tersebut sedari awal pembahasannya. Batasan transaksi Rp100 juta, menurutnya masih terlalu tinggi. Ia pun mengharapkan agar dikaji ulang untuk menurunkan batasan transaksinya karena angka tersebut penting bagi KPK dalam upaya penelusuran dan penyelidikan tindak pidana korupsi.

"Waktu pembahasan undang-undang ini, saya bertanya transaksi yang dibatasi berapa?Rp 100 juta ternyata. Saya pengennya jangan terlalu tinggi. Jadi, kalau dilihat luasnya negeri ini, kepala sekolah SD itu bisa suap juga yang jumlahnya Rp25 juta," katanya.

Agus menambahkan, perlunya RUU tersebut disahkan, karena melihat pengalaman tangkapan sebelumnya. Contohnya, kasus mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyimpan uang tunai di belakang ruang karaoke dengan jumlah yang fantastis. Kemudian, ada seorang Dirjen yang harus tidur dengan banyak tas berisikan uang Rp20 miliar.

"Perlu ketahui kita belum memiliki undang-undang ini. Tapi sudah ada ketakutan kalau menyetorkan secara tunai di Perbankan. Maka, pasti teman-teman PPATK sudah menyala lampunya. Dengan lampu nyala itu, akan penyelidkan lebih lanjut," pungkasnya.

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini