nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasca Bom Gereja Surabaya, Sejumlah Negara Keluarkan Saran Perjalanan ke Indonesia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 12:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 14 18 1898006 pasca-bom-gereja-surabaya-sejumlah-negara-keluarkan-saran-perjalanan-ke-indonesia-u3gqPV80hf.jpg Foto: Antara.

JAKARTA – Pasca rangkaian ledakan bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo pada Minggu, 13 Mei, beberapa negara telah mengeluarkan saran perjalanan bagi warga negaranya yang ingin berkunjung ke Indonesia.

Salah satu negara yang telah mengeluarkan saran perjalanan terkait aksi teror yang terjadi di Surabaya adalah Pemerintah Inggris. Pada laman resminya, London meminta warganya untuk berhati-hati dan waspada saat berada di Indonesia.

BACA JUGA: Negara Sahabat Kecam Serangan Bom Surabaya, Sampaikan Dukungan Pada Pemerintah Indonesia

“Pada 13 Mei 2018 terjadi ledakan di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur yang menyebabkan sejumlah kematian dan korban jiwa. Kedutaan Besar melakukan kontak dengan pihak berwenang setempat. Jika Anda berada di area tersebut, Anda harus memantau media lokal, berhati-hati, dan mengikuti saran dari otoritas lokal,” demikian peringatan yang dicantumkan pada laman https://www.gov.uk/.


Seperti juga Inggris, Pemerintah Singapura juga meminta warganya di Indonesia khususnya di Surabaya untuk menghindari daerah-daerah yang terkena dampak dari ledakan bom dan terus memantau laporan media mengenai perkembangan situasi. Mereka juga diminta untuk mematuhi saran-saran dari pihak berwenang.

Selain kedua negara tersebut, Pemerintah Australia dan Amerika Serikat memberikan status peringatan high degree of caution atau tingkat kewaspadaan yang tinggi bagi warganya yang bepergian ke Indonesia. Negara-negara lain juga telah meminta warganya untuk waspada saat berkunjung ke Indonesia.

Sedikitnya 13 orang tewas dan 43 lainnya luka-luka akibat serangan bom bunuh diri yang terjadi di tiga gereja; Gereja Santa Maria Tak Bercela Jalan Ngagel Madya, Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jalan Diponegoro, dan Gereja Pantekosta Jalan Arjuno pada Minggu pagi.

BACA JUGA: Jokowi Minta Kapolri Tegas Berantas Teroris hingga Akar Tanpa Kompromi

Ledakan bom juga terjadi di sebuah rumah susun yang terletak di belakang Polsek Taman Sepanjang, Sidoarjo pada Minggu malam dan menewaskan tiga orang. Sementara pada Senin pagi, giliran Mapolrestabes Surabaya yang menjadi sasaran aksi teror serupa.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan jajaran kepolisian untuk tegas memberantas terorisme tanpa kompromi. Dia juga meminta DPR untuk segera mensahkan undang-undang (UU) anti-terorisme yang saat ini masih dibahas di parlemen.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini