Selain Kelurahan, Pemudik Bisa Titipkan Motor di Kantor Polisi

Badriyanto, Jurnalis · Rabu 06 Juni 2018 11:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 06 338 1907175 selain-kelurahan-pemudik-bisa-titipkan-motor-di-kantor-polisi-JzoDHZwsVk.jpg Parkiran sepeda motor. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA – Polda Metro Jaya juga berencana menyiapkan tempat penitipan sepeda motor bagi para pemudik saat libur panjang hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Selain di kelurahan, motor yang tidak dibawa pulang kampung bisa dititipkan di markas polres maupun polsek di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, motor yang dititipkan di kantor polisi akan lebih aman dan mudah pengawasannya ketimbang di rumah kosong. Namun, tempat penitipannya masih sangat terbatas sesuai daya tampung masing-masing mapolres atau mapolsek.

"Silakan ke polres, bisa juga polsek. Nanti kita lihat, masih ada ruang atau tidak. Kalau penuh, taruh di mana?" kata Argo usai mengikuti apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2018 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (6/6/2018).

(Baca: Pemudik Bisa Titipkan Motor di Kantor Kelurahan saat Lebaran)

Penitipan motor tersebut tidak dipungut biaya alias gratis. Syaratnya juga tidak sulit, pemudik cukup menunjukkan surat-surat kelengkapan kendaraan.

Sementara markas kepolisian yang menyiapkan penitipan motor hanya polsek dan polres. Sedangkan Polda Metro Jaya tidak menyediakan karena minim lahan parkir.

"Tadi dibilang, ke kelurahan boleh, polsek boleh. Kan ada KTP, STNK-nya, harus benar," jelas mantan kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur tersebut.

(Baca: Jelang Mudik Lebaran, Polda Metro Jaya Luncurkan Program 'Berteman Jakarta')

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mempersilakan pemudik menitipkan sepeda motornya ke kantor-kantor kelurahan setempat. Tujuannya agar masyarakat tidak menggunakan kendaraan roda dua saat pulang kampung karena sangat rawan kecelakaan.

"Setiap kantor kelurahan akan siap untuk jadi tempat penitipan motor. Bila mereka pulang enggak bawa kendaraan motor, kantor-kantor lurah akan siap jadi tempat penitipan," ucap Anies usai menghadiri video concerence terkait persiapan mudik Lebaran di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa 5 Juni 2018.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini