nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kawal Amien Rais, Persaudaraan 212: Kasus Ratna Sarumpaet Sudah Selesai!

Khafid Mardiyansyah, Jurnalis · Selasa 09 Oktober 2018 18:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 09 337 1961739 kawal-amien-rais-persaudaraan-212-kasus-ratna-sarumpaet-sudah-selesai-WaHXZ1jM6A.jpg

JAKARTA - Ketua Umum Persaudaraan 212, Slamet Ma'arif menjelaskan bahwa kasus penyebaran berita bohong yang dilakukan Ratna Sarumpaet sudah selesai seiring dengan sudah jelasnya siapa yang bohong dan dibohongi.

"Dalam pandangan kita, kasus Ratna Sarumpaet sudah selesai, yang bohong siapa, yang dibohongi siapa semua sudah jelas," terang Slamet dalam pembicaraan di iNews Sore, Selasa (9/10/2018).

Slamet pun menyindir kinerja kepolisian perihal begitu cepatnya kasus hoax Ratna Sarumpaet terbongkar. Ia mengungkapkan bahwa banyak kasus lain yang punya atensi publik yang sama, justru mengendap seolah hilang ditelan bumi.

"Kerja polisi dalam pengungkapan kasus Ratna Sarumpaet ini luar biasa sekali, CCTV sudah langsung dibuka, pihak RS sudah langsung dimintai keterangan. Yah, semoga kasus lain seperti kasus penganiayaan Hermansyah, panganiayaan Novel Baswedan, kasus penembakan rumah Habib Rizieq, kasus Danny Siregar, Ade Armando, Sukmawati juga cepat selesai," sindir Slamet.

Sementara itu, politikus PDI Perjuangan, Kapitra Ampera menjelaskan bahwa kasus Ratna Sarumpaet cepat terbuka karena ada desakan luar biasa untuk membongkar kasus tersebut. Ia menjelaskan bahwa apa yang "diserang" Ratna saat itu adalah sebuah institusi negara.

(Baca Juga: 5 Fakta Penangkapan Ratna Sarumpaet)

"Ada cerita, seorang ibu-ibu dianiaya oleh sekelompok orang di negara demokrasi. Sehingga ada desakan yang begitu kuat, ada tanda tanya yang besar dari reaksi masyarakat. Kasus pengeboman rumah saya, lalu Novel Baswedan juga belum (terungkap)," ungkap Kapitra.

Kapitra pun menilai bahwa kasus Ratna Sarumpaet adalah kasus hukum biasa yang tak perlu dihebohkan dengan banyak "drama". Ia menganggap bahwa pemanggilan Amien Rais sebagai saksi kasus hoax Ratna Sarumpaet merupakan kewenangan dari pihak kepolisian.

(Baca Juga: Sel Ratna Sarumpaet Disidak, Polisi Temukan Handphone)

"Semua orang yang mengetahui, merasakan, mendengar suatu tindak pidana, polisi punya kewenangan buat memanggil orang tersebut sebagai saksi. Tak cuma Amien Rais, tapi semua yang mengetahui kasus itu juga akan dimintai kewenangan, ini untuk melindungi hak asasi dari Ratna Sarumpaet," jelas Kapitra.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini