nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

20 Gunung Api Berstatus di Atas Normal, Wisatawan Diminta Waspada

CDB Yudistira, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 20:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 18 337 1993087 20-gunung-api-berstatus-di-atas-normal-wisatawan-diminta-waspada-353yZOe0hp.JPG Gunung Soputan erupsi.

BANDUNG - Jelang tutup Tahun 2018, terdapat 20 gunung api dengan status aktivitas di atas normal (Level I). Untuk itu, masyarakat diminta waspada ketika mengisi waktu libur ke tempat wisata yang berdekatan dengan lokasi gunung api aktif.

Gunung Soputan dan Gunung Agung berstatus siaga (Level III), sedangkan 17 gunung api lainnya dalam tingkat aktivitas waspada (Level II). Sedangkan gunung yang bersatus awas (Level VI) adalah Gunung Sinabung.

"Gunung api level waspada itu adalah Gunung Marapi, Kerinci, Anak Krakatau, Bromo, Merapi, Semeru, Rinjani, Sangeangapi, Rokatenda, Ili lewotolok, Lokon, Karangetang, Gamalama, Gamkonora, Ibu, Dukono, dan Banda Api," kata Kepala Sub bidang Mitigasi Gunungapi Wilayah Barat dari Badan Geologi Kementerian ESDM Kristanto di Bandung, Selasa (18/12/2018).

(Baca juga: 52 Ribu Warga Terdampak Erupsi Gunung Soputan Membutuhkan Masker)

Kristanto menegaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan pengelola wisata alam gunung api yang diprediksi mengalami lonjakan kunjungan wisatawan selama masa liburan.

Foto: Ist

"Seperti Gunung Tangkubanparahu, Dieng, Papandayan, Gede. Kami juga telah memerintahkan petugas pengamat gunung api untuk meningkatkan pemantauan dan kewaspadaan gunung api tersebut," jelasnya.

Pihaknya juga telah membentuk Tim Antisipasi Kebencanaan Geologi yang tergabung dalam Posko Nasional ESDM di Jakarta maupun Posko Kesiapsiagaan di Kantor PVMBG Bandung.

"Kami juga mengirim tim tanggap darurat bencana gunung api di beberapa gunung api yang saat ini mengalami peningkatan aktivitas vulkanik, yaitu Gunung Sinabung, Anak Krakatau, Agung, dan Soputan," tambahnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini