Kader Hanura Demo Tuntut KPU Masukkan OSO ke Daftar Caleg DPD

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 20 Desember 2018 10:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 20 606 1993776 kader-hanura-demo-tuntut-kpu-masukkan-oso-ke-daftar-caleg-dpd-hibX1sGSGZ.jpg Kader Partai Hanura demo di Kantor KPU tuntut OSO dimasukkan ke daftar caleg DPD. (Foto : Harits Tryan Akhmad/Okezone)

JAKARTA – Ratusan kader Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) DKI Jakarta dan sekitarnya mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/12/2018).

Akibat demo itu, arus lalu lintas di kawasan Jalan Imam Bonjol, tepatnya dari arah KPU menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI) dialihkan. Lalu arus lalu lintas dari Bundaran HI menuju ke Taman Suropati macet parah.

Lalu lintas di sekitar Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, macet imbas demo kader Hanura. (Foto : Harits Tryan Akhmad/Okezone)

Sementara pantauan Okezone, ratusan kader yang menggunakan pakaian kuning dan membawa atribut bendera itu tengah berorasi di depan Kantor KPU.

Dalam orasinya, mereka menuntut KPU untuk menjalankan putusan PTUN dengan memasukkan nama Oesman Sapta Odang yang juga Ketua Umum (Ketum) Partai Hanura ke Daftar Calon Tetap (DCT) anggota Dewan Perwakilan Daerah.

“Saudara Arief Budiman (Ketua KPU RI-red), kami minta saudara harus netral dan independen. Putusan PTUN bersikap imperatif tidak ada penafsiran hukum di dalamnya. Saudara KPU wajib melaksanakan putusan PTUN, tidak ada ruang menafsirkan putusan PTUN,” ujar salah satu orator.

Kader Partai Hanura demo di Kantor KPU tuntut OSO dimasukkan ke daftar caleg DPD. (Foto : Harits Tryan Akhmad/Okezone)

Sebelumnya, Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) harus tetap menyerahkan surat pengunduran diri dari kepengurusan parpol jika tetap ingin jadi caleg DPD.

(Baca Juga : Bawaslu Tolak Gugatan OSO terkait Pencoretan Namanya dari DCT DPD)

OSO diberikan waktu oleh KPU hingga 21 Desember untuk menyerahkan surat tersebut. Namun, OSO enggan mundur dari jabatannya sebagai Ketum Partai Hanura.

Hingga saat ini demo masih berlangsung, mereka mendesak salah satu perwakilan dari KPU untuk menemui demonstran dan mendengarkan tuntutan mereka.

(Baca Juga : Menang di PTUN, KPU Diminta Cantumkan Nama OSO sebagai Calon Anggota DPD)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini