nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gubernur Meksiko dan Suaminya Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Indi Safitri , Jurnalis · Rabu 26 Desember 2018 12:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 26 18 1996058 gubernur-meksiko-dan-suaminya-tewas-dalam-kecelakaan-helikopter-BW6ziGO50R.jpg Polisi dan personel penyelamat berdiri di dekat puing helikopter yang membawa Martha Erika Alonso, Gubernur Negara Bagian Puebla yang jatuh di Corongango, Puebla, 24 Desember 2018. (Foto: Reuters)

MEXICO CITY – Seorang gubernur Meksiko dan suaminya yang merupakan seorang senator, tewas dalam kecelakaan helikopter yang terjadi pada Senin, 24 Desember di dekat Kota Puebla di Meksiko Tengah. Kecelakaan itu terjadi hanya beberapa hari setelah dia menjabat menyusul kemenangan dalam pemilihan yang ketat.

Martha Erika Alonso, seorang tokoh oposisi senior dan gubernur Negara Bagian Puebla, tewas bersama Rafael Moreno, seorang senator dan mantan gubernur Puebla, ketika helikopter Agusta yang mereka tumpangi jatuh pada Senin sore, tak lama setelah tinggal landas.

Menteri Keamanan, Alfonso Durazo, mengatakan helikopter pribadi itu menuju ke Ibu Kota Mexico City dan jatuh setelah mengalami kerusakan yang belum bisa diketahui secara pasti, di Santa Maria Coronango, sekira 5 kilometer dari bandara Puebla.

"Pada saat ini, tidak ada bukti yang dapat mengarahkan kami untuk menyimpulkan bahwa penyebabnya tidak terkait dengan bagaimana helikopter yang dipakai berfungsi," ujar Durazo pada konferensi pers sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (26/12/2018).

Durazo juga mengatakan selain para politisi tersebut, helikopter itu juga membawa Kapten Roberto Cope dan kopilot Marco Antonio Tavera. Diduga ada penumpang kelima di dalam helikopter nahas tersebut, tetapi dia tidak memberikan keterangan lebih lanjut.

Melalui Twitter, Presiden Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan bahwa pemerintahnya akan menyelidiki kecelakaan tersebut. Durazo mengatakan bahwa pihak berwenang telah menghubungi produsen helikopter dan mesinnya untuk berada di tempat kejadian pada Selasa.

“Kami akan bertindak dengan transparansi total,” katanya.

Gambar-gambar di televisi menunjukkan puing-puing sebuah pesawat yang terbakar, gumpalan asap dan orang-orang yang memeriksa tempat kejadian.

Alonso, yang merupakan politisi dari Partai Aksi Nasional (PAN) kanan-tengah, mulai menjabat bulan ini setelah memenangkan persaingan dalam pemilihan pada Juli. Kandidat dari Gerakan Regenerasi Nasional (MORENA) yang merupakan partai Presiden Obrador menuduh Alonso.

Vicente Fox, seorang mantan presiden Meksiko dan pengkritik Obrador, mengatakan kepada televisi lokal bahwa ia merasa terganggu dengan waktu kecelakaan yang terjadi setelah sengketa pemilihan.

"Setiap keraguan harus diselesaikan," katanya.

MORENA dan sekutunya memegang mayoritas dalam kongres negara.

Untuk saat ini, Menteri Dalam Negeri Puebla, Jesus Rodriguez, akan menjadi gubernur sementara sebelum pemilihan diadakan dalam waktu lima bulan, kata pemerintah Puebla.

Sejumlah politisi Meksiko tewas dalam kecelakaan pesawat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Menteri Dalam Negeri Federal pada 2008 dan 2011. Dua yang terakhir juga merupakan anggota PAN.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini