nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puting Beliung di Racaekek Bandung, Ratusan Rumah Rusak dan 16 Orang Luka-Luka

CDB Yudistira, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 10:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 12 525 2003477 puting-beliung-di-racaekek-bandung-ratusan-rumah-rusak-dan-16-orang-luka-luka-2mj3cp1wIw.jpg Dampak Puting Beliung di Rancaekek, Bandung, Jawa Barat (foto: Ist)

BANDUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat ada tiga kampung yang terdampak puting beliung di Kabupaten Bandung. Ratusan rumah rusak dan 16 orang luka-luka. Kampung terdampak adalah Kampung Jatisari, Kampung Papanggungan dan Rancaekek.

Pusdalops BPBD Jabar, Budi Budiman menjelaskan, di Kampung Jatisari 15 rumah rusak berat dan 21 rumah rusak ringan. Di Papanggungan 50 rumah rusak ringan dan di Kompleks Rancaekek Permai 300 rumah rusak.

(Baca Juga: Puting Beliung Hancurkan Ratusan Rumah di Rancaekek Bandung) 

"Untuk korban 15 orang luka ringan dan satu orang luka berat," kata Budi saat dikonfirmasi, Sabtu (12/1/2019).

BPBD Jabar akan berkordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung untuk penanganan pascabencana.

 

Sementara untuk menampung warga yang rumahnya rusak, tim gabungan baik TNI, Polri, dan Pemda setempat, telah membangun beberapa tenda posko siaga bencana di lokasi kejadian.

"‎Semalam kita sudah pasang tenda posko siaga yah, Brimob dan Dalmas Polres. Kedua pagi ini, yah kita telah posko layanan kesehatan itu baik itu dipergunakan nantinya untuk korban atau pun petugas," ungkap Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.

Selain mendirikan pos siaga dan pos pelayanan kesehatan, personel gabungan pun menggelar tenda informasi terpadu. Hal itu diperuntukan untuk pendataan dan juga bantuan logistik.

"Kita pasang posko informasi terpadu yah," katanya.

Saat ini, kata dia, untuk mengantisipasi adanya tindak kejahatan polisi juga lakukan patroli di rumah-rumah warga yang telah ditinggalkan.

(Baca Juga: Bandung Timur Dilanda Hujan Lebat hingga Puting Beliung) 

Puting Beliung di Rancaekek, Bandung (foto: Ist)	Puting Beliung di Rancaekek, Bandung (foto: Ist)

"Untuk antisipasi kita lakukan patroli baik di rumah-rumah warga juga tempat-tempat yang dijadikan pengungsian," tegasnya.

"Kita juga lakukan hal serupa, untuk wilayah Karawang dan Garut karena sudah standarnya seperti itu (untuk penanganan bencana)," timpalnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini