Telan Tujuh Korban, Rescue Perindo Ungkap Cara Tangani Tawon Vespa Affinis

Fakhri Rezy, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 14:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 12 606 2003537 telan-tujuh-korban-rescue-perindo-ungkap-cara-tangani-tawon-vespa-affinis-ngN7hz6QYE.jpg Ketum Rescue Perindo Adin Denny (Dok Perindo)

JAKARTA – Serangan tawon jenis vespa affinisdi Kabupaten Klaten, Jawa Tengah telah menimbulkan keresahan banyak warga. Pasalnya, dalam dua tahun terakhir serangan tawon vespa affinis telah mengakibatkan tujuh orang meninggal dunia.

Ketua Umum DPP Rescue Perindo, Denny Adin menyampaikan kejadian ini perlu ditangani secara serius oleh pihak pemerintah dan stakeholder terkait.

 Baca juga: Cegah Jentik Nyamuk DBD, Rescue Perindo Fogging Ratusan Rumah

“Serangan tawon vespa affinis ini sangat mengkhawatirkan. (Kasus) ini harus jadi perhatian karena termasuk yang mematikan. Semoga ini bisa ditangani oleh Pemda dan Damkar di Klaten,” ujar Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat VII itu saat dihubungi, Jumat (11/1/2019).

 Ketum Rescue Perindo Adin Denny (Dok Perindo)

Dampak dari sengatan tahun vespa affinis ini bisa sangat berbahaya hingga menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani dalam waktu 1 x 24 jam.

Dalam kasus ini, Damkar Klaten telah memusnahkan 217 sarang tawon di tahun 2017 dan 207 sarang pada tahun 2018.

 Baca juga: Demam Berdarah Makan Korban Jiwa, Perindo Pemalang Langsung Fogging

Karenanya, Adin mengimbau kepada warga untuk segera melaporkan ke Damkar jika menemukan sarang tawon jenis vespa affinis. Kemudian, jangan mengganggu, memindahkan dan tidak beraktivitas di dekat sarang tawon.

“Tawon vespa affinis ini berkembangnya termasuk cepat, jadi kalau ada warga yang menemukan sarang tawon jenis ini harus segera dilaporkan,” katanya.

Sebagai langkah antisipasi, masyarakat juga bisa melakukan pencegahan dengan cara sederhana. Misalnya dengan cara membakar atau menggunakan zat dengan kandungan tertentu untuk mengusir tawon vespa affinis.

 Baca juga: Gelar Fogging di Deliserdang, Perindo Desak Pemerintah Gelar Penyuluhan DBD Berkelanjutan

“Menanggulanginya bisa dengan membakar dan mempergunakan zat kimia, termasuk disemprot pakai fogging. Tetapi lebih praktis jika dibakar dan harus mempergunakan alat-alat khusus seperti penutup wajah dan badan supaya tidak disengat,” ungkap Adin.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini