Jelang Pemilu, Satgas Nusantara Ajak Mahasiswa Tangkal Hoax

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 15 Januari 2019 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 15 606 2004799 jelang-pemilu-satgas-nusantara-ajak-mahasiswa-tangkal-hoax-6Fb2Cm7Kix.jpg Wakasat Nusantara, Brigjen Fadil Imran (foto: Harits/Okezone)

JAKARTA - Wakil Kepala Satuan Tugas Nusantara Brigjen Fadil Imran mengajak mahasiswa yang merupakan generasi milenial, untuk bersama-sama menangkal peredaran berita bohong atau hoax menjelang pemilu 2019.

"Mahasiswa saya harap tetap berperan aktif menjadi pendingin, mendinginkan, dan berpikir rasional," ujar Fadil saat Seminar 'Milenial Anti-Hoax di Universitas Nasional, Jakarta, Selasa (15/1/2019).

 (Baca juga: Janji Politisi Sulit Dibawa ke Ranah Hukum)

dd

Ia beranggapan, peran mahasiswa sangat penting sebagai pendingin suasana jelang Pemilu 2019 dan tidak mudah terpancing dengan pemberitaan yang belum tentu kebenarannya.

"Jika ada berita hoax, cek dan ricek. Cek sumbernya maupun siapa orang yang memberitakan. Yang kedua, jangan hanya percaya satu sumber, ketika ada informasi di medsos, konfirmasi lagi ke media mainstream," terangnya.

 (Baca juga: Rumah Sakit Jiwa Siap Tampung Caleg Gagal)

Tak hanya itu, Fadli pun mengimbau agar mahasiswa juga dapat berperan dengan melaporkan ke aparat penegak hukum bila menemukan adanya konten yang dianggap berita bohong.

"Laporkan jika ada konten di media sosial yang menurut adik-adik mahasiswa mengandung berita-berita bohong yang dapat memecah belah bangsa ini yang dapat mengganggu rasa aman," tutur Fadil.

 dd

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini