nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rescue Perindo Salurkan Logistik bagi Korban Banjir di Sulsel

Rabu 23 Januari 2019 18:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 23 609 2008457 rescue-perindo-salurkan-logistik-bagi-korban-banjir-di-sulsel-NYxbyFGARh.JPG Rescue Perindo salurkan bantuan logistik bagi korban banjir di Sulsel

JAKARTA - Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang yang melanda sebagian wilayah Sulawesi Selatan berdampak pada meluapnya Sungai Bantimurung. Akibatnya, luapan air sungai membanjiri Kota Makassar dan enam kabupaten di Sulawesi Selatan.

Sebagai garda terdepan dalam penanganan bencana alam, organisasi sayap partai Rescue Perindo dengan sigap menerjunkan anggotanya untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir sekaligus menyalurkan bantuan logistik kepada korban yang berada di pengungsian.

"Rescue Perindo Sulawesi Selatan sudah kita instruksikan untuk turun langsung dan bergerak bahkan saat bencana terjadi," ujar Ketua DPP Rescue Perindo sekaligus Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat VII, Denny Adin saat dihubungi Rabu (23/1/2019).

Sementara, Ketua DPD Rescue Perindo Kota Makassar, Rendy Mangnga berujar bahwa saat ini ambulans Perindo telah disiagakan di beberapa titik terdampak guna membantu warga yang membutuhkan pertolongan medis serta memenuhi kebutuhan pokok yang dibutuhkan.

"Kami dari DPD Rescue Kota Makassar sudah standby sejak kemarin, hari ini pun kami sudah keliling di beberapa titik di wilayah Kecamatan Manggala, Kecamatan Panakkukang, dan Kecamatan Tamalanrea," kata Rendy.

Menurutnya, lokasi tersebut dianggap rawan sehingga perlu pemantauan dan evakuasi secara segera guna mengantisipasi cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini.

"Masyarakat harus sesegara mungkin mencari tempat yang aman, karena air pelan-pelan makin naik. Kami juga berharap agar pemerintah daerah segera bertindak untuk menyalurkan bantuan dan pertolongan, khususnya perahu karet untuk mengevakuasi korban," katanya.

Untuk bantuan pokok, sambung Rendy, Rescue Perindo telah menyerahkan kebutuhan pokok seperti makanan cepat saji, air mineral, dan keperluan bagi anak-anak.

"Bantuan sudah kami berikan di tiga titik, yakni blok 10 Borong Bambu Perumnas Kecamatan Manggala, Kampung Kajang Kelurahan Tamangapa, dan Bukit Batu Kecamatan Manggala. Sementara bantuan berupa selimut, pakaian, obat-obatan dan tenaga media akan menyusul," katanya.

Rescue Perindo Sulsel

Sementara ini, warga yang terdampak banjir terpaksa harus diungsikan di titik aman yang tidak terdampak bencana.

"Wilayah terparah, hampir semua merata (banjir). Korban ada yang mengungsi dan ada yang bertahan. Bertahan maksudnya karena sudah tidak bisa keluar," sebutnya.

Banjir terparah di Kota Makassar berada di Kelurahan Paccerakkang dengan ketinggian air mencapai dada orang dewasa. Begitu juga dengan beberapa wilayah di enam kabupaten di Sulawesi Selatan, yakni Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Maros, Pangkep dan Barru.

Selain tingginya curah hujan, air kiriman dari pegunungan Bawakaraeng yang mengaliri beberapa sungai di enam kabupaten kian memperparah kondisi banjir.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini