nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Temukan Ban Depan Bus Bima Suci Dalam Kondisi Pecah

Mulyana, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 17:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 29 525 2010985 polisi-temukan-ban-depan-bus-bima-suci-dalam-kondisi-pecah-cqIgbk9bXF.jpg Evakuasi Bus Bus Bima Suci di Tol Cipularang (Foto: Mulyana/Okezone)

PURWAKARTA - Jajaran kepolisian, hingga kini masih menyelidiki penyebab pasti kecelakaan tunggal Bus PO Bima Suci nopol A 7530 CS yang terjadi di ruas Tol Cipularang KM 70+400 pada Senin (28/1/2019).

Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP Ricky Adipratama, menuturkan, di hari kedua pasca insiden tersebut, jajarannya masih melakukan pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket) di lokasi kejadian. Di hari kedua ini, penyelidikannya sudah memasuki proses pemeriksaan kelayakan kendaraan.

"Saat ini hanya pemeriksaan awal saja. Nanti, setelah dievakuasi ke pool derek, kami akan kembali melakukan pemeriksaan kembali," ujar Ricky kepada Okezone di lokasi kejadian, Selasa (29/1/2019).

Dia menjelaskan, dalam penyelidikan hari kedua ini pihaknya turur menggandeng tim dari agen pemilik merk (APM) kendaraan tersebut. Yakni, PT Hino.

Adapun pemeriksaan yang dilakukan pagi tadi, sambung dia, meliputi pemeriksaan beberapa komponen mesin, sistem pengereman, kelayakan roda (ban), hingga pemeriksaan fungsi kemudi.

"Hasil pemeriksaan awal menyimpulkan, seluruhnya dalam kondisi baik dan berfungsi," jelas dia.

Hanya saja, dalam pemeriksaan tersebut timnya melihat ada sebuah kejanggalan di roda kanan bagian depan. Hal mana, kondisi ban di salah satu roda depan itu tampak pecah.

"Untuk hal ini, kami akan selidiki lebih lanjut. Apakah ban ini pecah pada saat sebelum kejadian, atau pecah setelah terjadi benturan," jelas dia.

Terkait penyebab pasti kecelakaan ini, pihaknya belum bisa menyimpulkan secara pasti. Namun, dugaan sementara kecelakaan ini karena kendaraan hilang kendali (out of control).

Hari ini, jajarannya pun turut menggandeng beberapa tim ahli untuk menganalisa penyebab pasti kecelakaan ini. Nantinya bisa diketahui, apakah ada faktor manusia atau out of control atau faktor kendaraan.

"Semuanya masih dalam dugaan awal saja. Jadi, faktor out of control atau faktor manusia, itu baru dugaan awal belum bisa dipastikan," tegas dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini