Caleg Perindo di Sulsel Siapkan Saksi di TPS untuk Awasi Ini

Herman Amiruddin, Jurnalis · Rabu 30 Januari 2019 16:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 30 606 2011482 caleg-perindo-di-sulsel-siapkan-saksi-di-tps-untuk-awasi-ini-irM8VgE9VK.jpg

MAKASSAR - Pengurus Dewan Pimpinan Wialayah (DPD) menggelar rapat koordinasi perekrutan saksi untuk di tempat pemungutan suara (TPS) Rapat digelar di Kantor DPW Partai Perindo Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan KM 9 Makassar, Sulawesi Selatan.

Caleg DPR RI Partai Perindo Indira Jusuf Ismail mengatakan sudah jauh hari mempersiapkan saksi-sakis untuk ditempatkan di TPS.

"Alhamdulillah dengan adanya pemekaran ini saya sudah jauh hari sudah tentunya sudah mempersiapkan bahwa kita nanti akan mempersiapkan saksi-saksi kita seperti apa dan hari sudah kita dengar sendiri dari aturan-aturannya," kata Istri Wali Kota Makassar ini kepada Okezone saat ditemui usai rapat Rabu (30/1/2019)

Ia menjelaskan bahwa sosialisasi dari Dewan Perwakilan Pusat (DPP) akan ditindaklanjuti dengan turun langsung melakukan sosialisasi.

"Seperti apa dan batas waktunya. Seperti apa tentunya itu akan segera kami tindaklanjuti kita turun tetap sosialisasi. Bagaimana bisa berkomunikasi yang baik dengan masyarakat yang ada di Dapil kita daerah yang sudah ditetapkan menjadi dapur kita semua," jelasnya.

Sementara Ketua DPW Perindo Sulsel Sanusi Ramadhan mengatakan setiap saksi yang betugas di kecamatan sampai tingkat Kabupaten dipastikan dari partai Perindo

"Setiap TPS satu saksi itu nanti ada di kecamatan sampai kabupaten kota dan provinsi di semua TPS kita pastikan kita harus saksi partai tapi akan bertugas di dalam TPS," ungkapnya.

Untuk proses perekrutan kata Sanusi, yaitu melalui caleg partai Perindo yang tersebar di seluruh wilayah Sulsel.

"Proses perekrutan yaitu kita berbasis pada seluruh caleg untuk mencari basis -basis masing-masing caleg. Sehingga proses ini terjadi dan semua Caleg merasa aman dengan suaranya sangat diperbolehkan. Dan beberapa informasi ketika saya turun di daerah beberapa caleg-caleg pusat provinsi maupun kabupaten ingin juga mempersiapkan caleg yang biasanya orang dengan caleg Apa itu dari masalah itu tetap jalan tetapi partai pada prinsipnya mengisi di semua TPS," jelasnya.

Selain itu, Ketua DPD Perindo Makassar, Ruslan Mahmud menjelaskan bahwa yang pertama-tama dilakukan yaitu merekrut saksi.

"Bahwa yang kita rekrut ini adalah saksi untuk partai Perindo intinya di situ kemudian tadi kita sudah mulai membagi berdasarkan Dapil silakan diatur masing-masing supaya perekrutan ini betul-betul bisa adil bisa diterima untuk semuanya," kata Ruslan.

Menurutnya, karena yang harus dipahami saksi yang ada ini adalah murni untuk menjaga suara partai selain saksi-saksi bayangan.

"Itu kewenangan masing-masing caleg kalau misalnya saksi partai nya sudah ada calegnya mau bikin saksi bayangan atau saksi luar ataupun istilahnya itu. Silahkan saja untuk jadi di setiap TPS satu saksi kemudian di kecamatan juga ada saksi kemudian kita ada saksi untuk sementara sampai hari ini kebijakan yang turun dari DPP itu barusan saksi," ungkapnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini